Ragam

Perhatikan Larangan Ini Agar Baterai Ponsel Tetap Awet

Photomix, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Di masa pandemi, gadget kini seolah menjadi kebutuhan primer. Sistem pendidikan yang dilakukan secara daring membuat laptop dan smartphone digunakan lebih sering digunakan, terutama smartphone. Karena tak hanya sebagai fasilitas belajar, smartphone juga digunakan untuk bersosialisasi dengan teman atau sekedar scrolling media sosial hingga bosan.

Pemakaian secara terus menerus ini tentu bisa berpengaruh pada kualitas baterai dari ponsel. Kinerja baterai lambat laun bisa menurun. Seperti terjadinya kebocoran hingga baterai yang menggembung. Cara pemakaian  pengguna juga berpengaruh dengan keawetan baterai ini. Jika ingin daya baterai tidak cepat rusak, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari seperti di bawah ini.

Jangan gunakan HP saat mencharger

Saking lengketnya dengan ponsel, masih banyak yang mengabaikan peringatan satu ini. Banyak orang yang kerap menggunakan ponselnya walaupun sedang proses pengisian daya. Hal ini tidak dianjurkan karena saat mengisi daya dan handphone tetap digunakan, maka ponsel cenderung menarik daya langsung dari charger dan mengurangi jumlah daya yang seharusnya mengisi baterai.

Lepaskan charger jika sudah penuh

Kebiasaan lainnya yang dilakukan adalah terus mengisi daya ponsel meskipun sudah penuh. Jika tak segera dicabut, perangkat akan terus memompa arus listrik meski baterai telah terisi. Kapasitas baterai akan berkurang, baterai menggembung bahkan tak sedikit kasus smartphone meledak. Meskipun di masa sekarang sudah ada teknologi terbaru di mana ponsel bisa otomatis stop mengisi daya saat sudah penuh, usahakan untuk tidak meremehkannya.

Jangan mainkan HP sampai panas

Pemakaian ponsel secara terus menerus, apalagi untuk bermain game dengan grafis HD bisa menyebabkan overheat atau ponsel menjadi panas. Suhu yang terlalu panas bisa menyebabkan baterai menggembung bahkan dalam beberapa kasus akan meledakkan ponsel. Oleh karna itu istirahat handphone terlebih dahulu dan hindari suhu ponsel lebih dari 95 derajat Fanrenheit.

Atur Kecerahan

Beberapa orang mungkin lebih nyaman apabila layar hp memiliki tingkat kecerahan yang tinggi, hal ini karena memudahkan untuk bermain ponsel dengan jelas. Namun tanpa disadari, menyetel layar kecerahan dengan tingkat rendah bisa membantu untuk menghemat baterai. Bahkan fitur auto brightness juga bisa membuat baterai menjadi boros.

Tutup aplikasi tak dipakai

Siapa yang masih sering membuka banyak aplikasi dan tidak menutupnya kembali? Hal yang dianggap remeh ini akan membuat sistem handphone terus bekerja, sehingga daya baterai akan terus terkuras yang lambat laun menjadi boros.

Lakukan anjuran-anjuran di atas untuk menjaga kapasitas baterai ponsel kalian, perhatikan cara penggunaan kalian agar ponsel bisa bertahan untuk waktu yang lama.[mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar