Ragam

Perhatikan! Inilah Cara Menangani Kelelahan Mata

(Foto: Nonsap Visuals, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Menatap layar komputer terlalu lama dapat membuat mata Anda cepat lelah. Jika dibiarkan berlarut-larut kelelahan pada mata dapat menyebabkan sulitnya berkonsentrasi hingga penglihatan yang kabur.

Seperti dilansir dari laman Bustle, gejala kelelahan pada mata dapat disebut dengan fatigue. Dr. Arunima Agarwal, M.D. dokter anak umum bersertifikat menjelaskan, kelelahan pada mata tidak hanya terjadi karena menatap ponsel atau layar komputer terlalu lama. Menatap segala jenis fiksasi visual juga dapat membuat mata Anda cepat lelah.

Dr. Arunima juga menyebutkan bahwa kelelahan pada mata disebabkan karena melakukan kegiatan yang membutuhkan fokus intens. “Misalnya, karena mengemudi jarak jauh, melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian seperti menulis atau menjahit hingga pekerja kantoran.” Dr. Howard Krauss M.D. seorang ahli syaraf mata mengatakan, fokus yang intens berarti Anda tidak berkedip sesering mungkin.

Menurut The American Academy of Ophthalmology, layar digital dapat mengurangi tingkat kedipan Anda hingga sepertiga bahkan setengahnya. Hal tersebut akhirnya membuat pupil mata Anda kering dan sering ter-iritasi. Dengan kata lain, jika mata Anda terlalu tegang maka, kemungkinan terkena fatigue semakin besar.

Kelelahan pada mata juga dapat menyebabkan gejala lain seperti sakit kepala, nyeri dan kaku pada tubuh bagian atas, serta sulit berkonsentrasi. Ciri mata yang lelah juga biasanya berair atau bahkan kering, peglihatan yang kabur, terasa panas atau mungkin gatal, serta menjadi sangat sensitif terhadap kilauan cahaya.

Cara untuk mencegah kelelahan pada mata adalah dengan cara mengatur tingkat kecerahan atau pencahayaan pada layar ponsel atau komputer Anda. Dr. Arunima juga menyarankan untuk meningkatkan ukuran teks di layar Anda, “Jauhkan layar Anda sekitar dua kaki dan pastikan pandangan mata Anda sedikit ke bawah.” Dan jangan lupa untuk sering berkedip untuk melumasi mata Anda.

Selain itu biarkan mata beristirahat selama 20 detik, “Setiap 20 menit, lihatlah sebuah objek setidaknya sejauh 20 kaki, setidaknya selama 20 detik.” Dengan begitu, Anda dapat mengistirahatkan mata sebelum kelelahan. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar