Iklan Banner Sukun
Ragam

Perhatikan, Ini Tanda Kamu Perlu ke Psikolog

(Foto: Kat Smith, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Konsultasi dengan psikolog bukan hanya buat mereka yang sedang mengalami masalah. Melainkan juga untuk meningkatkan kesehatan jiwa sekaligus perasaan bahagia. Namun, kebanyakan orang masih bingung untuk mengambil keputusan berkonsultasi ke psikolog.

Meski begitu, banyak orang enggan berkunjung ke psikolog karena merasa dirinya tidak gila. Atau merasa masih baik-baik saja dan tidak perlu mendapat konsultasi kejiwaan.

Padahal pergi ke psikolog, seseorang tidak hanya dapat bercerita melainkan mendapatkan berbagai macam solusi dan penanganan yang lebih baik. Untuk mengetahui perlu atau tidaknya mendatangi psikolog, mungkin tanda ini bisa menjadi gambaran jika kamu perlu berkonsultasi ke ahlinya.

Perasaan terlalu intens

Seseorang perlu berkonsultasi ke psikolog ketika ia merasa perasaannya terlalu berat, seperti stress, emosi dan khawatir berlebihan. Meski pada dasarnya setiap orang pernah mengalami kondisi tersebut.

Namun, tidak semua orang dapat mengatasinya dengan baik hanya dengan menceritakan permasalahannya kepada teman atau orang terdekatnya. Tak ayal jika pergi ke psikolog bisa mendapat penanganan yang dibutuhkan.

Lelah berkepanjangan

Semua orang pasti merasa lelah, tapi ketika lelah itu terus menerus dirasakan terlebih dalam kurun waktu cukup lama, itu tandanya seseorang perlu pergi psikolog. Lelah yang dimaksud di sini seperti perasaan kurang tidur padahal jam tidur sudah termasuk cukup lama atau rasa susah sekali untuk bangun tidur.

Merasa kehilangan

Kehilangan biasanya akan meninggalkan perasaan emosi yang mendalam, entah karena putus cinta, orang yang disayang meninggal, atau bahkan kehilangan pekerjaan. Ketika diri sedang berada dalam kesedihan mendalam, perasaan berduka, atau penyesalan akibat kehilangan biasanya dapat mengganggu aktifitas keseharian. Jika hal ini sudah sangat mengganggu atau berkepanjangan, seseorang disarankan untuk pergi ke psikolog agar suasana hati bisa lebih baik.

Gunakan barang berbahaya sebagai solusi

Tak sedikit orang yang menggunakan barang-barang berbahaya sebagai solusi menenangkan diri, seperti minum minuman beralkohol, obat-obatan terlarang dan lain sebagainya. Jika sudah dalam tahap ini hal yang perlu dilakukan sebenarnya ialah segera berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan penanganan dari permasalahan yang sedang dialami, tentunya dengan cara yang benar.

Merasa putus asa menjalani hidup

Tidak sedikit juga yang merasa lelah atau putus asa menjalani hidup. Bahkan, tak jarang yang mencoba untuk mengakhiri hidupnya karena berbagai alasan tuntutan hidup yang cukup keras. Jika sudah dalam fase ini, seseorang disarankan agar sesegera mungkin pergi ke psikolog.

Ingin kembangkan diri

Selain untuk menangani permasalahan, pergi ke psikolog juga bisa untuk berkonsultasi agar dapat mengembangkan diri agar lebih baik. Biasanya seseorang yang ingin lebih produktif hidupnya, seperti merencanakan karir, mengasah skill komunikasi terhadap orang lain, dan lain sebagainya. Dari situlah kemudian psikolog akan memberikan penanganan sesuai kepribadian orang. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar