Iklan Banner Sukun
Ragam

Perhatikan! Ini Cara Merawat Organ Intim Untuk Wanita

(Foto: Timothy Mainberg, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Merawat alat vital perempuan memang cukup tricky. Sebenarnya, hanya perlu langkah-langkah sederhana untuk merawat bagian vital namun, jika tidak tepat akan menjadi sulit.

Timbulnya rasa gatal dan bau tak sedap merupakan gejala yang sering dialami perempuan. Baik mereka yang masih gadis maupun yang sudah bersuami. Jika tidak ditangani dengan tepat, hal ini tentu akan membuat rasa percaya diri jadi menurun.

Seperti yang kita tahu, bahwa bau tak sedap dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur yang bersarang di anggota badan kita termasuk juga pada bagian intim perempuan. Jadi, tentu saja vagina perlu dirawat dengan baik dan benar. Berikut beberapa cara merawat organ intim wanita yang tepat.

Cuci tangan

Sebelum dan sesudah memegang organ intim, para wanita memang dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Terlebih jika tangan yang seharian telah memegang benda-benda yang kemungkinan besar terkontaminasi oleh kuman.

Perhatikan cara membersihkan

Banyak wanita yang mungkin masih salah dalam membersihkan area intim. Kadang setelah selesai buang air besar, air diguyurkan dari belakang kearah depan. Padahal hal ini dapat membuat kotoran yang ada di anus jadi masuk ke vagina.

Jadi, yang tepat ialah mengguyur air dari depan ke belakang. Setelah bersih, baru kemudian dikeringkan menggunakan tisu sekali pakai dengan cara ditepuk-tepuk halus.

Hindari produk pencuci vagina

Pada dasarnya, organ intim wanita ini bisa membersihkan dirinya sendiri dengan bantuan bakteri baik yang dapat melindungi vagina dari bakteri jahat. Jadi, para wanita tidak disarankan menggunakan produk pencuci vagina tanpa indikasi atau anjuran dari dokter.

Gunakan celana dalam katun

Alangkah baiknya memilih celana dalam yang terbuat dari katun dan tidak ketat. Karena celana dalam yang ketat dapat membuat vagina jadi lembab sehingga berpotensi menjadi tempat bertumbuhnya jamur.

Ganti celana Dalam

Untuk menghindari jamur dan bakteri, tentu hal yang perlu diperhatikan adalah celana dalam. Rutin mengganti celana dalam tentu dapat meminimalisir vagina jadi lembab, berjamur, dan mengeluarkan bau tak sedap. Sekurang-kurangnya dalam celana dalam diganti dua kali dalam sehari.

Pilih dan ganti pentyliner dan pembalut

Hindari pemakaian pembalut yang mengandung pengharum dan rutin mengganti pentyliner atau pembalut agar tidak lembab dan timbul jamur pada area organ intim. Menggantinya bisa dilakukan setiap kali selesai buang air atau setidaknya dua atau tiga kali ganti dalam sehari.

Mencukur bulu kemaluan

Bulu kemaluan disarankan untuk rajin dicukur, karena jika terlalu panjang justru dapat menyebabkan bulu masuk ke area lipatan vagina, jika sudah begitu biasanya akan terasa gatal dan tanpa sadar ingin menggaruk. Namun, karena bulu kemaluan berfungsi untuk melindungi vagina jadi tidak dianjurkan untuk dicukur habis. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar