Iklan Banner Sukun
Ragam

Perhatikan! Hal-Hal Sepele Ini, Berdampak Pada Kesehatan Otak

(Foto: SwapnIl Dwivedi, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak ada perubahan yang terjadi tanpa peroses-peroses kecil. Melakukan hal-hal kecil. Begitu juga kesehatan otak. Bisa menjadi lebih baik dan lebih buruk karena kebiasaan-kebisaankecil yang sepele.

Berikut ini, beberapa kebiasaan kecil dan sepele yang bisa mempengaruhi kesehatan otak. Dan tentu saja, sebisa mungkin harus mulai kita hindari.

Sering begadang atau kurang tidur

Hal ini biasa terjadi pada mahasiswa dan pekerja bahkan secara tidak langsung ada yang menjadikan ini sebagai kebiasaan. Padahal begadang menimbulkan berbagai masalah seperti rasa kantuk berlebihan di siang hari, kemungkinan depresi, hingga gangguan memori.

Jika dijelaskan secara science, jam tidur yang kurang berpengaruh pada ‘hippocampus’, bagian kecil di otak yang berperan dalam mengingat informasi baru yang menghubungkan emosi ke dalam ingatan. Tanpa kita sadari kurang tidur dalam satu malam saja dapat berpengaruh pada kemampuan otak dalam mengingat informasi

Memulai aktivitas tanpa sarapan

Beberapa orang ada yang melakukan hal itu dengan alasan diet sehingga lama kelamaan menciptakan pola hidup yang dianggap biasa Tapi, tanpa kita sadari ketika melewatkan kebiasaan sarapan dapat merusak otak.

Pasalnya, karena di pagi hari setelah bangun tidur tentu saja tubuh nutrisi yang penting. Ketika kita melewatkan sarapan, ini dapat menyebabkan kadar glukosa darah rendah yang berdampak buruk pada fungsi otak.

Konsumsi air putih terlalu sedikit

Seperti yang kita ketahui jika 80 persen kandungan dari otak adalah air. Tentu saja, otak membutuhkan asupan air yang cukup untuk berpikir lebih cepat dan fokus. Maka dari itu, usahakan untuk selalu sediakan air dan minum sepanjang waktu supaya tidak mengalami dehidrasi.

Lapar mata sehingga makan terlalu banyak

Ada beberapa orang mudah lapar mata sehingga memiliki nafsu makan tinggi. Terkadang ini baik untuk pertumbuhan jika masih masa kanak-kanak. Makan terlalu banyak memberikan dampak pada tubuh dari berat badan meningkat, muncul kembung hingga risiko penyakit berbahaya yang mampu merusak otak.

Selain itu, ada penelitian yang mengungkapkan jika asupan kalori tinggi dalam waktu yang lama dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kehilangan memori, atau gangguan kognitif ringan (MCI) pada jangka panjang.

Mendengarkan musik dengan volume tinggi

Mungkin belum banyak yang mengerti hal ini adalah kebiasaan yang berbahaya ketika sering dilakukan. Pasalnya, selain merusak kemampuan pendengaran, hal ini mengakibatkan beberapa masalah otak seperti kehilangan memori dan kerusakan jaringan otak. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar