Ragam

Perhatikan! Dampak Konsumsi Emping Melinjo Berlebihan

Emping melinjo Sidoarjo (Foto: Midori, Wikipedia)

Surabaya (beritajatim.com) – Emping melinjo adalah satu dari banyak khasanah kuliner nusantara. Berasal dari buah melinjo yang digeprek lalu dijemur sebelum kemudian digoreng dan dibumbui. Emping melinjo memberikan sensasi rasa gurih yang nikmat. Tak ayal, emping pun disukai banyak orang.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia memilih emping sebagai pendamping makanan seperti soto, sup, makanan kari, atau sekadar jadi camilan. Namun tahukah bahwa emping ini memiliki zat berbahaya yang bisa bikin pemakannya sakit?

Selain enak dimakan dan membuat ketagihan, ternyata emping dapat memicu asam urat loh. Hal ini disebabkan karena kandungan zat purin yang cukup tinggi pada emping melinjo. Jika mengkonsumsinya berlebihan zat purin ini memang sangat efektif membuat nyeri dan bengkak pada persendian di seluruh tubuh.

Tidak hanya itu, minyak dalam menggoreng emping juga bisa menjadi alasan lain yang sangat fatal dikonsumsi oleh penderita asam urat. Tentu saja penyakit asam urat akan semakin parah bahkan berpotensi komplikasi berbagai gangguan kesehatan lainnya

Purin itu sendiri merupakan jenis senyawa yang mengandung nitrogen, yang telah dihasilkan oleh sel-sel yang berbeda dari dalam tubuh (endogen) atau berasal dari luar tubuh (eksogen). Sedangkan asam urat merupakan produk metabolisme purin yang terjadi didalam tubuh manusia.

Semakin tinggi purin maka semakin tinggi pula asam urat yang terbentuk dalam tubuh. Dua pertiga Total asam urat di dalam tubuh dihasilkan secara endogen dan sementara susahnya berasa dari makanan yang dikonsumsi (eksogen). Asam urat ini akan dikeluarkan nantinya melalui air seni dan sistem pencernaan.

Maka dari itu emping ini boleh dikonsumsi dan aman jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Selain membahas dampak negatif pada emping, tak ada salahnya mengetahui manfaat emping. Diantaranya kandungan anti oksidan pada emping melinjo bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan untuk menghindarkan tubuh dari radikal bebas. Kandungan antioksidan pada emping melinjo juga dapat mencegah penuaan dini, memperkuat daya ingat, mencegah anemia, dan melancarkan urine.

Nah itulah dampak terburuk pada emping melinjo dan dampak positif jika mengkonsumsi emping meninjo dengan benar. Perlu diingat bukan hanya emping hal apapun sebaiknya tidak boleh berlebihan. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar