Iklan Banner Sukun
Ragam

Perbedaan Kedua Jenis Popok Pada Bayi, Ibu Muda Wajib Tahu

(Foto: Sarah Chai, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Informasi penting dan menarik untuk para ibu muda. Hal ini dikarenakan salah satu kebutuhan bayi yang kurang tepat akan mengganggu kesehatan bayi. Popok bayi merupakan sesuatu hal yang perlu diperhatikan sehingga bayi menjadi lebih nyaman.

Sebenarnya, ada dua jenis popok yaitu,popok kain dan popok sekali. Tentu saja, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan dari Popok kain

Beberapa ibu menganggap jika popok kain merupakan produk terbaik untuk anak. Pasalnya, popok kain lebih aman untuk kulit bayi yang sensitif. Selain itu, Popok kain memiliki banyak varian bahan yang digunakan sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kulit bayi. Bukan hanya itu, popok kain lebih hemat dibanding popok sekali pakai. Alasannya, kita tidak perlu banyak membeli popok tiap bulannya cukup dicuci dan bisa digunakan berkali-kali.

Selain itu, popok kain bisa digunakan lagi ketika memiliki bayi lagi. Selain itu, popok kain dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak membuat limbah. Namun untuk dampak yang negatifnya adalah kita perlu meluangkan waktu ekstra untuk mencuci popok kain sehingga akan lebih boros air dan listrik ketika menggunakan mesin cuci.

Tentu saja untuk ibu yang sibuk menggunakan popok kain menjadi tantangan tersendiri. Ketika kita salah memakai, bisa membuat popok longgar dan bocor. Maka ketika berpergian, popok bayi tidak disarankan dipakai.

Lebih Dekat Tentang Popok sekali pakai

Salah satu cara yang membuat kita menggunakan popok dengan lebih praktis dan mudah. Penggunaan popok sekali pakai memang lebih cepat dan mudah menjadi pertimbangan sehingga kita tidak perlu repot-repot mencuci popok dan bisa langsung dibuang. Tentu saja, kita bisa lebih menghemat waktu, air, dan listrik.Menggunakan popok sekali pakai yang tepat bisa membuat bayi nyaman.

Selain itu, daya serap yang tinggi membuat bayi lebih tenang sehingga mengurangi resiko popok bocor atau bayi rewel karena popok penuh. Namun, penggunaan popok sekali pakai menyebabkan limbah karena tidak bisa langsung di daur ulang. Bukan hanya itu, bahan popok sekali pakai bisa memicu alergi. Maka kita harus lebih teliti saat memilih merk popok sekali pakai dan siap dengan resiko lebih boros. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar