Iklan Banner Sukun
Ragam

Perbedaan Interview HRD dan Interview User, Job Seeker Wajib Tahu!

Sumber foto: Edmond Dantes/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Tahap wawancara atau interview merupakan tahapan yang penting dalam proses melamar kerja. Bahkan bisa dibilang menjadi tahap penentuan apakah seseorang berkompeten untuk mengisi posisi yang dicari dalam perusahaan tersebut. Dalam proses wawancara pula, recruiter akan melihat karakter dari pelamar.

Meski tidak semuanya, beberapa perusahaan menerapkan dua proses interview yang berbeda, yakni interview HRD lalu interview user. Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari kedua interview ini? Lebih penting yang manakah?

Interview HRD


Interview HRD biasa dilakukan setelah pelamar melalui psikotest atau setidaknya lulus seleksi berkas. Psikotest sendiri ditujukan untuk mengetahui sikap dan kepribadian pelamar secara psikologi. Tidak cukup sampai disitu, HRD tentunya ingin menggali lebih dalam mengenai keterampilan, kelebihan, kekurangan, dan kemampuan secara tatap muka, untuk mengetahui apakah pelamar dapat menjalankan peran yang sedang dibuka.

Pertanyaan yang diajukan HRD pun biasanya lebih umum dan secara menyeluruh, seperti latar belakang, kelebihan, kekurangan, serta kesesuaian riwayat hidup berdasarkan berkas-berkas yang dikirimkan.

Contoh pertanyaan pada interview HRD antara lain:

· Ceritakan tentang diri anda?

· Apa kelebihan dan kekurangan anda?

· Apa kesibukan anda saat ini?

· Apa yang anda ketahui mengenai perusahaan ini?

Selain itu, HRD juga akan menanyakan kapan kesiapan pelamar untuk mulai bekerja apabila diterima. Sistem kerja serta perihal gaji juga akan dijelaskan pada proses ini, sehingga diharapkan pelamar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan banyak bertanya mengenai budaya bekerja dalam perusahaan tersebut.

Interview User

Interview user merupakan tahap lanjutan setelah interview HRD, yang mana pelamar akan dihadapkan langsung oleh user atau calon atasan. Tujuannya sebenarnya hampir sama, yakni untuk mengetahui kemampuan dan kepribadian pelamar secara lebih dalam, sebagai seseorang yang akan sering bekerja sama dan berdampingan, user tentu ingin mengetahui calon pekerja seperti apa kalian.

Perbedaannya, interview user lebih banyak menggali kemampuan secara teknis dari pengalaman yang ada pada CV dan berkas. Itulah mengapa pelamar harus memiliki pengetahuan tentang teknis dari posisi yang dilamar. Pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman sebelumnya juga kerap ditanyakan.

Tak heran jika proses wawancara ini memakan waktu yang lama dan mendalam, sehingga terlihat bagaimana cara berpikir dan bekerja dari pelamar, apakah ia mumpuni untuk melakukan jobdesk yang diberikan.

Beberapa contoh pertanyaan yang diajukan saat interview user:

· Ceritakan pengalaman anda sebelumnya, baik pengalaman bekerja atau organisasi

· Apa saja yang anda lakukan di pengalaman sebelumnya?

· Apa kesulitan yang anda temukan pada pengalaman sebelumnya dan bagaimana anda menyelesaikannya/

· Apa yang anda ketahui dari posisi yang saat ini anda lamar?

· Apa yang membuat anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

· Jelaskan mengapa kami harus menerima anda di perusahaan ini

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin tidak sama persis dengan apa yang akan diajukan oleh HRD atau user, tetapi setidaknya kalian bisa mempersiapkan mental dan jawaban terbaik sebelum melaluinya. Perlu diingat bahwa kepercayaan diri dalam menjawab setiap pertanyaan adalah hal yang penting dalam tahap interview, sehingga recruiter akan melihat kalian sebagai orang yang antusias dan bersemangat. (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev