Iklan Banner Sukun
Ragam

Penyebab Bergantung Sama Orang Lain, Stop Berharap pada Beberapa Hal Ini

Ilustrasi seseorang yang berhenti berharap. (Sumber foto: Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Terlalu berharap tentu tidaklah baik, terlebih jika harapan itu ditujukan pada sesama manusia. Alih-alih bisa sesuai dengan ekspektasi dan akhirnya menggantungkan diri pada orang lain, yang kerap terjadi justru berakhir dengan kekecewaan.

Tak semua orang mau memenuhi harapanmu, tentu saja karena mereka memiliki alasan tersendiri. Maka dari itu, sebaiknya mulai sekarang berhenti berharap pada hal-hal berikut ini;

Berharap orang lain suka padamu

Namanya orang tentu punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Bisa saja dirimu sudah berbuat dan bersikap sebaik mungkin, namun orang lain tetap saja tidak menyukai hal yang kamu lakukan.

Itu semua merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Tak ayal jika kamu tidak perlu terlalu berharap agar orang lain suka. Yang pasti tetaplah berbuat baik.

Berharap pendapatmu diterima

Kamu boleh saja berpendapat, terlebih jika menurutmu telah sesuai dengan pembahasan dan tidak sampai menyinggung orang lain. Meski begitu, yang perlu digaris bawahi ialah jangan terlalu berharap bahwa pendapatmu diterima.

Karena berpendapat merupakan sebatas opsi yang boleh diambil maupun tidak. Bukan sebuah keharusan, di mana pendapatmu harus jadi bagian dari hasil keputusan.

Berharap orang membalas kebaikanmu

Berbuatlah baik selagi memang masih bisa dan memungkinkan. Terlepas orang lain nantinya akan membalas atau pun tidak. Karena sebaik apapun sikap dan perbuatan kita terhadap orang lain, tidak menjamin seseorang akan melakukan hal serupa saat kita membutuhkannya.

Hanya saja, pasti ada beberapa persen kemungkinan tersebut. Namun, lebih baik jika membantu orang lain diniatkan untuk mencari pahala.

Berharap orang akan paham dan mengerti

Apa yang kita bicarakan mungkin saja berbeda dengan orang yang kita ajak berbicara. Hal ini bisa jadi karena adanya mis komunikasi atau bahkan karena ia tidak pernah berada di posisi tersebut.

Jadi jangan heran apalagi kecewa jika orang lain tidak dapat memahami dan mengerti apa yang kita bicarakan atau alami selama ini.

Berharap orang lain akan selalu ada

Tentu saja setiap orang memiliki kesibukan masing-masing. Jadi, kemungkinan untuk selalu bersama akan terasa lebih susah.

Ketika kita berharap orang terdekat kita selalu ada saat kita menginginkannya, maka sebaiknya hal tersebut mulai dihentikan. Karena ketika mereka tidak bisa hadir sesuai ekspektasimu, yang ada kamu akan sangat kecewa. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar