Iklan Banner Sukun
Ragam

Penyakit Alzheimer, Penurunan Fungsi Otak Hingga Mudah Lupa Ini Penjelasannya

(Foto: Clement Falize, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin Anda pernah berpikir jika kelak di usia senja bisa mudah lupa bahkan pada orang terdekat. Ini umum terjadi pada rentang usia lansia yang sampai tidak bisa ingat pada orang tersayang. Hal itu sebenarnya penyakit, yang biasa disebut dengan alzheimer.

Banyak masyarakat Indonesia yang sebenarnya tidak sadar dengan gejala awal penyakit Alzheimer. Sehingga pengetahuan tentang penyakit ini penting untuk dipelajari. Sebagaimana dilansir dari mayoclinic, alzheimer adalah penurunan fungsi otak yang menyebabkan hilangnya daya ingat dan berpikir. Hal ini biasanya terjadi karena penuaan tubuh. Alzheimer ini terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun.

Maka dari itu, ada baiknya kita paham stadium-stadium Alzheimer untuk membantu keluarga atau berjaga-jaga. Stadium Alzheimer terjadi dari ringan ke berat dengan tahap tanpa gejala mustahil mendeteksi, namun Anda dapat mengenali dengan gejala berikut.

Pertama, alzheimer tahap awal tanpa uji klinis, karna gejalanya tidak tampak. Ada baiknya Anda dan keluarga rutin melakukan medical check-up. Kedua, gangguan memori ringan. Mulai lupa hal-hal sepele tapi masih dalam taraf wajar, jadi belum bisa terdeteksi tanpa ke rumah sakit.

Ketiga, terjadi penurunan fungsi otak ringan penderita alzheimer. Mulai kesusahan cari kata yang pas saat berbicara dan sering lupa nama orang baru. Keempat, penurunan fungsi otak sedang, ada kesulitan menghitung dan lupa hal-hal yang baru saja dikerjakan. Kelima, Penurunan fungsi otak cukup parah, masih mengenal anggota keluarga, namun mulai kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

Keenam, penurunan fungsi otak berat, mulai butuh perawatan konstan dari profesional karena ada komplikasi kandung kemih dan usus, serta sudah tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Ketujuh, penurunan fungsi otak sangat parah. Kemampuan komunikasi hilang sepenuhnya, tidak mengenali kondisi diri sendiri, dan bahkan lupa kemampuan dasar seperti menelan.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk membantu penderita Alzheimer adalah mengkonsultasikan dengan dokter. Namun selain itu, Anda harus tahu hal-hal dasar untuk bantu penderita Alzheimer. Seperti, membuat notes dan alarm untuk segala hal, sediakan kontak orang-orang terdekat.

Beri label nama pada barang-barangnya Kurangi jumlah cermin karena bisa bikin penderita Alzheimer bingung. Atur perabotan rumah agar tidak berbahaya, pasang pegangan dan karpet anti-slip. Dan terakhir jangan lupa selalu lakukan yang terbaik untuk orang-orang yang Anda sayang. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar