Iklan Banner Sukun
Ragam

Pentingya Personal Boundaries: Batasan Pribadi Demi Mencintai Diri Sendiri

Ilustrasi mencintai diri sendiri (Annie Spratt, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pada zaman serba teknologi ini, seringkali banyak orang yang lupa soal soal batasan personal. Banyak orang yang suka dan senang mencari tahu urusan orang lain, bahkan sampai ke ranah pribadi. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memiliki personal boundaries.

Personal Boundaries merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan batasan diri seseorang pada orang lain. Seberapa batasan Anda bisa menerima perlakuan orang lain, atau menerima ucapan orang lain, dan lain sebagainya.

Intinya, personal boundaries merupakan sebutan untuk mendeskripsikan seberapa jauh Anda dapat mentoleransi tindakan orang lain.

Dengan personal boundaries atau batasan personal bukan berarti Anda akan selalu menolak saran atau bantuan dari orang lain.

Namun, batasan ini sebagai sebuah garis jelas di mana orang lain, mau itu sahabat, pacar hingga keluarga Anda tahu kapan harus memulai atau berhenti untuk turut campur dalam urusan personal.

Personal boundaries itu penting karena beberapa alasan. Pertama, untuk menjaga privasi dan melindungi diri dari campur tangan orang lain. Kedua, agar orang lain tahu sejauh mana mereka dapat memberi komentar.

Ketiga, sebagai bentuk penghormatan untuk dirimu sendiri. Keempat, menjaga agar hubungan Anda dan orang lain bisa tetap berjalan dengan baik.

Kelima, menjaga emosi diri sendiri sehingga bisa membantu diri sendiri untuk membangun identitas. Keenam, untuk mengurangi stress yang ditimbulkan oleh faktor eksternal.

Bagi Anda yang belum memiliki personal boundaries, ada beberapa tips untuk membangunya. Salah satu cara termudah yaitu dengan membuat diri sendiri bersikap tegas.

Terutama jika ada orang lain yang memaksa masuk ke dalam lingkup pribadi, ada baiknya Anda memberi teguran dengan tegas. Berikut ini caranya!

Coba hargai dan kenali value yang Anda miliki

Hal ini berguna agar Anda tidak mudah goyah akibat komentar orang lain. Jangan pernah ragu untuk mengatakan “cukup,” “tidak” dan “stop,” pada orang lain, jika Anda rasa, mereka telah sudah melangkahi ranah pribadi.

Jangan biarkan orang lain menilai atau mempengaruhi Anda dengan mudah

Ucapan orang lain akan dirimu tidak selalu dan tidak pasti selalu benar. Sebab yang mengenal dirimu dengan baik hanya Anda sendiri. Jika rasanya orang lain sudah mengganggu hidupmu dengan berlebihan, jangan ragu buat melepaskan mereka dari kehidupan Anda.

Ungkapkan dan jelaskan

Beritahu secara jelas pada mereka jika sudah melewati batas pribadi. Tidak perlu takut untuk melakukan itu, sekalipun Anda harus kehilangan. Karena masih banyak orang yang akan menghargai Anda dengan lebih baik. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar