Iklan Banner Sukun
Ragam

Pentingnya Mengelola Emosi Agar Bisa Hidup Lebih Baik, Begini Caranya

Ilustrasi seseorang mengendalikan emosi untuk dirinya sendiri (Kat J, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam keseharian, tidak jarang kita sering merasa sulit untuk mengontrol emosi. Regulasi emosi sendiri punya peran penting guna mengendalikan emosi tersebut. Regulasi emosi adalah cara ataupun upaya untuk mengontrol emosi.

Regulasi emosi juga diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengendalikan emosi dan perilaku. Lebih jelasnya yaitu upaya individu dalam mempengaruhi emosi, merasakannya, kemudian mampu mengekspresikan emosi itu secara tepat. Sesuai dengan definisinya, kemampuan dalam pengendalian emosi begitu dibutuhkan dalam menjalani kehidupan kita.

Regulasi emosi itu sendiri mungkin saja membuat Anda berperilaku tertentu. Hal ini bisa diwujudkan misalnya dengan berpikir dalam situasi yang penuh tekanan untuk mengurangi rasa marah atau cemas, menyembunyikan tanda-tanda sedih dengan fokus kepada hal tertentu yang membuat Anda bisa merasa lebih tenang dan bahagia.

Soal emosi orang dewasa dan anak-anak tentu berbeda. Dilansir dari dailymail, tidak seperti anak-anak yang dapat mengekspresikan emosinya dengan bebas, orang dewasa memang harus mampu mengelola emosinya terutama rasa marah dan rasa cemas dengan cara yang dapat diterima oleh lingkungan sosial.

Saat seseorang gagal dalam mengontrol emosi, tak jarang mereka jadi menyesali dan berharap saat itu dapat mengontrol emosi yang dimiliki secara baik.

Faktanya, disregulasi emosi itu sendiri bisa berdampak negatif untuk kesejahteraan dan hubungan sosial seseorang. Berikut ini beberapa cara agar kita dapat melakukan regulasi emosi dengan baik.

Pertama, menjaga kebutuhan fisik

Kebutuhan fisik harus dijaga secara baik. Dalam sehari penuh Anda perlu tidur yang cukup, makan makanan sehat, dan jangan lupa untuk melakukan olahraga.

Kedua, terlibat dalam kegiatan yang produktif

Melakukan satu hal positif setiap hari bisa menimbulkan rasa puas. Hal ini bisa untuk mengurangi suasana hati yang buruk. Anda akan merasa puas dan timbul rasa senang karena sudah produktif.

Ketiga, mengubah pikiran, bukan perasaan

Ternyata pikiran memainkan peran yang krusial dalam bagaimana seseorang bisa menanggapi suatu situasi. Saat Anda sedang marah, cobalah mengevaluasi apa yang menjadi sumber kemarahan Anda.

Misalnya saja dengan menanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda bisa begitu marah terhadap hal tersebut.Tidak jarang kita merasa susah mengontrol emosi dengan baik dan tentunya hal tersebut dapat mengganggu aktivitas harian kita. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar