Iklan Banner Sukun
Ragam

Pengganti Nasi, Kenali Segudang Manfaat Ketela Pohong

Surabaya (beritajatim.com) – Ketela pohong adalah salah satu jenis ketela lokal yang dapat mengganti kebutuhan pokok selain nasi. Selain rasanya yang enak, ketela pohong juga banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya di indonesia singkong juga sebagai makanan pokok di sebagian dunia, khususnya negara bagian dunia yang berwilayah tropis.

Nama lain ketela pohong adalah umbi jalar. Orang jawa menyebut nya adalah telo. Di jawa sendiri banyak orang menjual ketela ini dengan berbagai variasi olahan diantaranya yaitu kripik telo, telo goreng, tape telo,dan bahan baku bakpau telo.

Ketela pohong atau telo ini memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti mineral, fitokimia (antioksidan), dan serat (hemiselulosa, pektin, selulosa), serta ketela pohong tidak mengandung kolesterol. Banyak sekali kandungan nutrisi ketela pohong yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat dari ketela pohong atau yang biasa di sebut telo ini, simak selengkapnya!

Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Pembentukan kolagen pada kulit dapat di bantu oleh kandungan vitamin c pada ketela pohong. Kandungan kolagen adalah nutrisi pada kulit yang berfungsi untuk menjaga elastisitas pada kulit. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin c akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin c sendiri.

Tinggi serat

Tingginya serat dalam ketela pohong sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Serat sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko peradangan dan baik untuk meningkatkan sistem metabolisme karena munculnya bakteri baik yang di picu kandungan serat tersebut.

Pengganti nasi sebagai makanan pokok

Ketela pohong sangat kaya akan nutrisi dan tinggi karbohidrat, sehingga banyak orang yang menjadikan ketela pohong sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Sebagai makanan pokok pengganti nasi, karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang paling cepat di serap oleh tubuh sebagai sumber energi.

Menurunkan tekanan darah tinggi

kalium yang terkandung dalam ketela pohong dapat memenuhi kebutuhan harian orang dewasa sebanyak 15-21 persen.

Ketela pohong juga baik untuk jantung karena Kalium dapat menurunkan tekanan darah.

Menurunkan risiko penyakit

kandungan nutrisi dari ketela pohong dapat menurunkan beberapa macam penyakit seperti, kolestrol, gula darah tinggi, dan obesitas. Kandungan gula pada ketela pohong masih tergolong lebih rendah dari pada nasi, gandum dll. Oleh karena itu ketela pohong cocok di konsumsi secara rutin. [ptr/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar