Iklan Banner Sukun
Ragam

Pekerjaan Tak Segera Selesai? Coba Trik Psikologi Ini Dijamin Gampang

Ilustrasi pekerjaan yang bisa dilakukan sambil liburan atau di rumah saja. (Sumber foto: Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin Anda sering merasa punya kerjaan tapi tidak selesai-selesai? Padahal Anda sudah berusaha keras, tapi ada saja hal yang mengganggu. Bisa jadi itu disebabkan karena pikiran Anda sedang tidak fokus atau mood Anda tidak stabil untuk selesaikan pekerjaan!

Memang untuk fokus saat menyelesaikan pekerjaan cukup susah. Agar itu tidak terjadi berulang, Anda harus bisa menyusun strategi, tujuannya supaya tidak merasa capek sendiri. Berikut ini trik psikologi yang bisa dicoba.

Tulis Hal-hal yang Mengganggu Pikiranmu

Keluarkan semua hal yang membuat Anda susah fokus. Saat pekerjaan sudah selesai, baru Anda bisa melakukan apa yang Anda kehendaki.

Prioritaskan apa yang sedang dikerjakan

Tulis skala prioritas untuk hal yang paling penting dikerjakan. Sesuaikan itu dari pekerjaan paling penting, ke pekerjaan yang bisa kamu tangani belakangan.

Analisis Waktu yang Paling Produktif

Bagi Anda yang mampu melakukan ini akan mengetahui kapan waktu paling tepat untuk garap kerjaan. Sehingga, Anda bisa menetralisir masalah mood yang kadang naik turun.

Selesaikan yang Paling Urgent Dulu

Saat mengerjakan sesuatu, mulai dari yang paling mepet deadline. Setelah itu baru yang gampang. Jadi, waktunya tidak terbuang sia-sia tuh untuk mengerjakan pekerjaan yang menurutmu sulit.

Tentukan Aktivitas yang Menghabiskan Banyak Waktu

Tulis list hal-hal yang bikin membuat Anda buang-buang waktu. Jangan sampai melakukan hal yang tidak berguna, nanti pekerjaan Anda malah tidak selesai.

Matikan Notifikasi Gadget

Hal ini sih yang biasanya paling mengganggu. Jika Anda sudah mendapat notifikasi dari gadget pasti rasanya langsung ingin liat. Saat kembali ke pekerjaan, butuh waktu untuk mengumpulkan ide dan niat.

Terakhir jika Anda mudah terganggu dengan kehadiran orang lain, coba gunakan metode ‚ÄúSpider Technique”. Metode dengan menerapkan sikap acuh pada lingkungan yang mengganggu fokus saat bekerja. Sikap acuh ini malah bisa membuat pekerjaan cepat selesai.

Beberapa trik itu bisa Anda lakukan agar pekerjan cepat selesai. Saat semuanya sudah beres, Anda bisa santai-santai atau mengambil jeda untuk hiburan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar