Iklan Banner Sukun
Ragam

Pasangan Berubah Posesif? Cari Tau Sebabnya dan Lakukan Cara Ini

(Foto: Alex Green, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Memiliki pasangan yang penuh perhatian tentu diidam-idamkan oleh semua orang. Ditanya setiap hari mungkin membuat kita merasa dicintai dan diperhatikan. Namun, jika berlebihan, itu bisa membuat kita tidak nyaman.

Alih-alih perhatian, sang kekasih bisa berubah menjadi posesif dan membatasi ruang gerak kita. Ke mana pun dan apa pun yang kita lakukan harus selalu lapor dan atas seizin dia dahulu. Interaksi dan hubungan sosialisasi dengan orang-orang sekitar pun menjadi terhambat. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat pacar mulai bertindak berlebihan.

1. Komunikasi

Pada beberapa kasus, terkadang pasangan kita tidak menyadari bahwa ia sudah kelewatan. Oleh karena itu, sebelum marah dan bertindak lebih lanjut, usahakan untuk membicarakan hal ini dengan santai dan pikiran yang dingin. Utarakan apa yang mengganjal di pikiran dan hati kalian. Termasuk jika kalian merasa tidak nyaman dengan sikap posesif pasangan. Pilihlah kalimat yang bijaksana dan hati-hati, agar tidak menyinggung perasaannya.

2. Cari tau penyebab

Selain mengutarakan perasaan, kalian juga perlu untuk menanyakan apa yang menjadi alasan dari sikapnya, karena setiap perbuatan tentu ada sebabnya. Jika kekasih merasa khawatir berlebihan tentang perselingkuhan, maka tugas kalian untuk bisa meyakinkannya. Katakan bahwa kalian juga menyayanginya dan bersungguh-sungguh dengan hubungan tersebut.

3. Atur batasan

Selain itu, untuk membuat semuanya lebih jelas dan tidak ada salah paham, tentukan batasan antara diri kalian dan kekasih. Diskusikan sikap apa yang boleh kalian dan pasangan lakukan, lalu tentukan mana yang tidak boleh dilakukan. Misalnya seperti membuka ponsel diam-diam, melacak, dan lain-lainnya. Ini sebenarnya bukan hal yang buruk, karena bagaimanapun seseorang tetap memiliki privasinya sendiri. Selain itu, ini juga mencegah terjadinya pertengkaran dikarenakan hal sepele.

4. Buktikan

Jika sang pacar memiliki trust issue, maka disinilah kalian harus berjuang agar ia mempercayai kalian. Karena jika tidak, trust issue bisa menjadi faktor dari sikap posesif, bahkan cenderung mengekang dan membatasi. Buktikan bahwa kalian memang menyayangi mereka, bisa dipercaya. Jangan sekali-kali berbohong karena itu akan menambah rasa tidak percaya menjadi dua kali lipat. Jangan pernah membalas amarah kekasih dengan emosi, hadapi mereka dengan tenang.

5. Beri kabar

Salah satu cara agar dipercaya adalah memberi kabar sesering mungkin, terutama saat kalian sedang berjauhan. Meskipun kabar sederhana, ini bisa membuat pasangan lebih nyaman dan merasa aman.

Cara-cara tersebut bisa dilakukan saat pacar berubah menjadi posesif, namun jika tindakan sudah melampau batas bahkan menuju kekerasan, kalian harus bisa mengambil sikap. Bagaimanapun, kalian berhak atas diri kalian sendiri. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar