Iklan Banner Sukun
Ragam

Para Jobseeker Wajib Tahu, Ini 5 Aplikasi yang Mudahkan Cari Pekerjaan

Ilustrasi aplikasi untuk memudahkan para pencari kerja. (Sumber foto: Cottonbro/pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika zaman masih serba offline. Para pencari pekerjaan harus meletakkan secara langsung surat lamaran dari ke kantor ke kantor.

Namun kini, semenjak berkembangnya teknologi, bertambah pula aplikasi-aplikasi yang menyediakan lowongan kerja. Hal itu tentu saja sangat memudahkan jobseeker.

Lowongan yang tersedia juga beragam, mulai dari pekerjaan dalam negeri hingga luar negeri. Kalian hanya perlu memperbaiki CV dan mengirimkannya secara digital melalui aplikasi tersebut.

Biasanya, aplikasi akan memberitahukan sudah sampai mana tahapan kalian, apakah perusahaan sudah melirik CV kalian, apakah perusahaan tertarik, atau bahkan ditolak.

Tidak kah kalian penasaran apa saja aplikasi yang tersedia? Berikut rekomendasinya!

1. LinkedIn

Aplikasi satu ini pasti sudah terkenal di kalangan jobseeker. Selain sebagai sosial media, banyak juga lowongan kerja yang ditawarkan oleh LinkedIn. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang juga melakukan open recruitmen melalui aplikasi ini.

Selain itu, LinkedIn akan merekomendasikan lowongan apa yang cocok untuk kalian. Dengan catatan kalian sudah mengisi data diri serta skill yang kalian miliki. Tak heran jika di masa sekarang, banyak orang berbondong-bondong memperbaiki akun LinkedIn-nya untuk menarik perhatian perusahaan.

2. JobStreet

Bagi kalian yang ingin mencoba peruntungan di luar negeri, maka kalian wajib mengunduh aplikasi JobStreet. Ini karena JobStreet menyediakan lowongan dari banyak negara, seperti Singapura, Malaysia, Vietnam dan Filipina.

Proses recruitmen melalui JobStreet sendiri sangat mudah dan tidak bertele-tele. Umumnya, kalian akan mendapat notifikasi jika perusahaan tertarik dengan CV kalian dan ingin lanjut ke tahap wawancara.

Begitupula sebaliknya, kalian akan menerima notifikasi jika CV yang kalian kirimkan belum memenuhi kualifikasi. Sehingga kalian tidak perlu menunggu terlalu lama yang berujung dengan ghosting.

3. Glints

Sama seperti dua aplikasi lainnya, Glints merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan beragam lowongan kerja dan bisa melakukan proses lamaran kerja dengan mudah. Tampilan Glints pun sederhana dengan notifikasi setiap harinya yang akan membantu kalian dalam mencari pekerjaan.

4. Jobs ID

Jobs ID menghadirkan banyak fitur yang bisa kalian gunakan untuk mencari pekerjaan sesuai kebutuhan. Seperti mencari lowongan berdasarkan lokasi, perusahaan, atau bidang dan skill kalian.

Kalian bisa menggunakan kotak pencarian untuk mencari pekerjaan berdasarkan kategori tersebut. Selain itu, Jobs ID juga sering memperlihatkan lowongan pekerjaan yang sedang populer pada saat itu.

5. Kalibrr

Salah satu situs lowongan kerja terbesar di Asia Tenggara ini didirikan sejak tahun 2013 lalu. Sama halnya dengan situs lain, Kalibrr memberikan daftar lowongan berdasarkan minat dan bidang kalian.

Kalibrr juga akan memberikan notifikasi mengenai informasi lowongan pekerjaan yang tersedia dan cocok untuk kalian, menyesuaikan data mengenai kemampuanmu.

Kerennya lagi, Kalibrr juga menawarkan berbagai fitur yang akan membantu kalian untuk membuat resume yang menarik. Dengan resume yang baik, potensi kalian untuk dilirik perusahaan akan lebih besar.

Meskipun dengan tersedianya aplikasi di atas, mencari pekerjaan tetap membutuhkan konsistensi dan kesabaran yang luar biasa. Asalkan kalian terus berusaha, maka tidak ada yang sia-sia. (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar