Ragam

Pantau Aktivitas Digital Anak dengan Aplikasi Hoverwatch

(foto : Zhenzhong Liu, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat ini, aktivitas anak banyak terhabiskan di dunia digital. Sekolah daring, belajar daring, menonton Youtube, atau bermain gim. Seiring perkembangan teknologi sebagai orang, tentu harus membatasi aktivitas anak.

Sebab, tidak semua dunia digital bersifat positif, bahkan bisa dikatakan lebih banyak yang bersifat negatif. Kendati Indonesia memiliki KPAI, tapi masih ada saja hal negatif dunia digital.

Salah satu upaya orang tua yaitu dengan memasang ‘mata-mata’ di smartphone anak agar bisa mengontrol aktivitas mereka. Aplikasi Hoverwatch, bisa jadi solusi. Hoverwatch merupakan aplikasi spyware yang sudah teruji kinerjanya.

Hoverwatch memiliki kelebihan dalam hal fitur. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini orang tua harus mengeluarkan sedikit harga, meski dapat dimulai dengan percobaan selama 30 hari. Sayangnya, Untuk pengguna iPhone, aplikasi ini masih belum tersedia.

Hoverwatch tidak hanya dapat mengontrol aktivitas anak dalam bentuk pesan teks dan panggilan saja, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mengambil gambar dan video dari jarak jauh ke ponsel anak.

Pada aplikasi ini dibekali fitur keylogger tersembunyi yang dapat membantu dalam pemantauan apa yang tengah diketik di ponsel anak. Ini dapat mengarahkan orang tua untuk tahu kata sandi, pesan teks, panggilan hingga aktivitas sosial media anak.

Hoverwatch akan memulai perekaman audio secara otomatis ketika mendeteksi percakapan di sekitar perangkat Android yang sedang dikendalikan. Ini dilakukan dengan menggunakan mikrofon yang mendengarkan frekuensi suara.

Kecanggihan Hoverwatch juga terlihat dari segi GPS. Hoverwatch mampu melakukan pemantauan lokasi anak, Hoverwatch menggunakan informasi GPS atau WiFi Hotspot. Lokasi anak nantinya akan muncul selama ponsel anak terhubung dengan koneksi internet.

Selain itu, Hoverwatch memiliki satu fitur eksklusif, yakni fitur kamera mata-mata. Fitur ini dapat mengambil foto dengan spyware dan mengirimkannya ke smartphone pengguna sebagai pesan teks MMS. Fitur kamera mata-mata MMS ini memungkinkan foto dari kedua lensa sekaligus. Jadi pengguna bisa mendapatkan pandangan penuh tentang apa yang terjadi di sekitar anak.

Fitur ini juga berfungsi ketika anak mendapatkan perlakuan diintimidasi dan perundungan atau hal yang tidak diinginkan lain. Orang tua dapat langsung memberi bantuan untuk anaknya ketika sang anak mendapati kondisi tersebut.

Yang paling berguna adalah fitur Pemantau aktivitas sosial media. Hoverwatch memungkinkan pengguna dalam memantau aktivitas sosial media anak. Orang tua dapat mengetahui ketika anak mereka bertemu dengan orang-orang yang mencurigakan di sosial media. Atau juga membatasi komunikasi anak di sosial media.

Tentu sudah penasaran kan untuk mencoba aplikasi ini. Untuk mengunduh aplikasi ini, langkah langkahnya sebagai berikut. Pertama, buka situs web Hoverwatch dan daftar melalui www.hoverwatch.com . Selanjutnya, unduh file guna menginstalnya di perangkat Android. Langkah terakhir ikuti petunjuk penginstal dan setujui semua syarat dan ketentuan yang ditawarkan oleh Hoverwatch. [dan/bjo]

Sumber foto: Unsplash
Caption foto: Jaga aktivitas anak dengan aplikasi Hoverwatch.


Apa Reaksi Anda?

Komentar