Iklan Banner Sukun
Ragam

Panduan untuk Isolasi Mandiri di Rumah Ketika Terinfeksi Covid-19

(Sumber foto: Jan Kopriva, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Varian Omicron dari covid-19 memiliki daya tular yang lebih cepat ketimbang varian virus corona lain. Bagi Anda yang yang mengalami gejala atau sempat melakukan kontak dengan pasien varian Omicron, sebaiknya melakukan tes swab pada hari ketiga.

Jika Anda ternyata positif dan bergejala ringan, maka sebaiknya melakukan isolasi mandiri dari rumah saja. Gejala varian Omicron berbeda dengan gejala virus corona varian Delta.

Banyak pihak yang menyebut jika varian Omicron ini punya beberapa gejala sebagai berikut. Demam atau kedinginan, batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, hidung tersumbat, mual atau muntah, mengalami diare merupakan gejala dari omicron.

Anda bisa melakukan tes swab pada hari ketiga setelah mengalami beberapa gejala
itu. Jika menunjukkan hasil negatif, maka suspek dianjurkan melakukan tes swab lagi sehari usai tes swab. Masa inkubasi dari varian Omicron disebut hanya butuh sekitar lima hari. Berikut ini panduan isolasi mandiri aman dan nyaman dari rumah.

Pertama, pastikan ruangan isoman punya ventilasi yang baik dan dipisah dengan anggota keluarga yang sehat. Kedua, pisahkan alat makan dan kamar mandi. Ketiga, pisahkan sampah termasuk sampah medis.

Bagi pasien positif varian Omicron yang tidak bergejala atau gejala ringan, dilansir dari Kementerian Kesehatan meminta untuk isolasi mandiri di rumah. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi berkata jika pasien Isoman selama saturasi di atas 95 persen ke atas tidak perlu khawatir.

Nadia Tarmizi menyarankan jika ada gejala seperti batuk, flu, demam segera konsultasi melalui telemedicine atau puskesmas di daerah sekitar. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terpapar virus covid varian omicron.

Pertama, cuci pakaian terpisah antara pasien dan anggota keluarga lain yang tidak terkena. Kedua, olahraga secara teratur serta jaga kesehatan mental. Ketiga, rutin melakukan desinfektan pada lingkungan sekitar rumah Keempat, harus tetap patuhi protokol kesehatan. Kelima, pantau kesehatan mandiri seperti, tensi, suhu, serta saturasi oksigen secara berkala.

Pasien isolasi mandiri positif Covid-19 bisa mendapat pengobatan gratis dari layanan telemedicine di sekitar yang telah tersedia dari pemerintah. Pasien akan mendapatkan layanan konsultasi dokter secara daring, serta paket obat gratis berdasar dari gejala yang dialami dan dirasakan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar