Iklan Banner Sukun
Ragam

Panduan Memahami Istilah-Istilah di Film Dune

(Foto: Dune, IMDb)

Surabaya (beritajatim.com) – Diadopsi dari novel ‘Dune’ karya Frank Herbert, film yang memiliki judul sama Dune ini akan punya cerita yang kompleks seperti pada novel tersebut. Bertemakan fiksi ilmiah dengan setting intergalaksi, universe Dune sangatlah kaya.

Ada ratusan planet yang masing-masing memiliki karakter geografis yang berbeda. Setiap planet dihuni penduduk yang berbeda-beda dan memiliki hubungan politik antar galaksi. Jika anda hendak menonton film yang baru saja rilis di Indonesia ini, ada baiknya membaca terlebih dahulu beberapa istilah yang akan kami jelaskan di bawah nanti.

Sebab, akan menyebalkan jika ketika menonton sebuah film, ternyata banyak istilah yang tidak kita fahami. Demi mendapat pengalaman menonton yang lebih menyenangkan, tulisan kali ini memberikan sedikit panduan tentang istilah-istilah yang menjadi dasar dari cerita di film Dune.

The Emperor

Film akan dimulai dengan menampilkan sosok Emperor Shaddam IV. Ia sedang gundah-gulana. Sebab ketika itu, sedang berhembus kencang rumor tentang dirinya yang telah membunuh ayahnya yang berusia 138 tahun dengan racun.

Emperor Shaddam IV merupakan emperor ke 81 di Known Universe, alam semesta yang ada di Dune. Kekaisaran ini dibentuk oleh Great Houses of the Universe setelah perang yang berlangsung selama bertahun-tahun, salah satunya melawan robot.

Lelah dengan kondisi yang tidak juga berubah, mereka memutuskan bahwa perlu ada satu pemerintahan dunia yang mengatur bagaimana dunia harus berjalan. Maka terpilihlah House of Corrino sebagai penguasa universe yang dipimpin oleh Emperor Shaddam.

Spice

Di dunia yang kehidupan manusianya berlangsung antar galaksi, Melange atau yang lebih dikenal dengan Spice telah jadi kebutuhan pokok. Ia adalah sejenis obat yang dapat meningkatkan kinerja tubuh manusia.

Pilot luar angkasa mengkonsumsinya untuk meningkatkan kemampuan indra melakukan navigasi dan mengendalikan kapal hyperspace. Ahli strategi menggunakannya agar otak mampu mengolah informasi yang sangat banyak dalam waktu yang singkat.

Dengan mengonsumsi spice pikiran manusia akan bekerja berkali-kali lebih baik dan lebih cepat, kemampuan panca indra meningkat, juga kekuatan fisik, bahkan memperpanjang umur. Tanpa spice kehidupan antar galaksi pasti akan berantakan dan habis.

Arrakis

Arrakis adalah salah satu tempat terpenting di Dune Universe. Sebab, hanya di planet ini spice bisa dibuat. Spice merupakan produk turunan atau produk yang dihasilkan dari bahan dasar cacing gurun.

Hanya di Arrakis cacing gurun ini bisa hidup sebab, sebagian besar wilayah planet Arrakis adalah gurun pasir. Emperor Saddam pernah mencoba memindahkan cacing ini ke planet lain, agar produksi spice bisa diperbesar. Dan hasilnya gagal total.

House Harkonnen

Keluarga Harkonnen adalah keluarga industri. Planet tempat mereka hidup pun dipenuhi dengan pabrik-pabrik industri dan penuh polusi. Namun, itu juga artinya mereka adalah pebisnis yang baik. Terutama dalam melakukan eksploitasi dan tambang.

Keluarga ini kemudian ditunjuk sebagai penanggung jawab di Arrakis untuk memproduksi spice secara masal. Mereka kemudian diusir dari Arrakis karena telah mencuri spice alih-alih memberikan semua hasil produksi pada Emperor. Mereka pun berusaha sekuat tenaga untuk kembali ke Arrakis. [tur/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar