Ragam

Pahami Masa Inkubasi DBD untuk Mencegah Demam Berdarah

Gigitan nyamuk Aedes aegypti dapat menyebabkan DBD. (Sumber foto: Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Masa inkubasi DBD merupakan rentang waktu yang dibutuhkan ketika nyamuk menggigit dan memasukkan virus dengue, yakni penyebab penyakit DBD ke dalam tubuh seseorang.

Umumnya, masa inkubasi ini terhitung sejak pertama kali virus masuk, hingga muncul beberapa gejala dari penyakit demam berdarah dan selama masa inkubasi berlangsung, virus akan menyebar di keping darah manusia.

Dikutip dari Kemkes.go.id, ada beberapa pendapat mengenai berapa lamanya masa inkubasi DBD, ada yang menyatakan berkisar 4 sampai 10 hari, ada juga yang berpendapat 8 sampai 12 hari.

Namun, pada umumnya lama inkubasi tersebut terjadi sekitar 4 sampai 7 hari. Hal ini dapat diartikan jika seseorang dapat mengalami gejala DBD dalam waktu 4 hingga 7 hari, atau paling lambat 12 hari setelah tergigit nyamuk Aedes aegypti.

Fase Demam Berdarah

Setelah masa inkubasi DBD selesai, maka tubuh akan mulai menunjukkan gejala awal penyakit DBD. Dalam hal ini, gejala yang dirasakan akan berbeda – beda sesuai dengan fase demam berdarah, yakni fase demam, fase kritis, dan fase pemulihan.

1. Fase Demam

Fase demam merupakan fase pertama dalam demam berdarah. Pada fase ini akan muncul gejala berupa demam yang melebihi 40 derajat celcius dan akan berlangsung selama 2 hari hingga 7 hari.

Selain itu fase ini juga dapat menimbulkan gejala lain berupa nyeri otot dan sendi, sakit kepala, munculnya ruam merah pada sekujur tubuh, penurunan nafsu makan, sakit pada sekitar bola mata, sakit tenggorokan, dan sering merasa mual serta muntah.

2. Fase Kritis

Pada fase ini sering banyak orang terkecoh, sebab fase ini demam mulai turun secara drastis. Padahal, fase kritis merupakan fase yang berisiko tinggi dalam terjadinya kebocoran plasma darah, pendarahan hebat hingga kerusakan organ.

Untuk tanda – tanda fase ini penderita akan mengalami kebocoran pembuluh darah, yakni mimisan secara terus – menerus hingga sakit perut yang tidak tertahankan.

3. Fase Pemulihan

Dalam fase ini pasien berhasil melewati fase kritis, umumnya akan kembali mengalami demam. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab tanda – tanda DBD di fase ini mulai sembuh.

Agar terhindar dari penyakit DBD, Anda harus melakukan beberapa pencegahan. Selain itu, jika Anda mulai mengalami gejala – gejala seperti penyakit DBD segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan. (frs/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar