Iklan Banner Sukun
Ragam

Pahami, Ini Ciri Seseorang Sedang Lelah Mental

Sumber foto: Anthony Tran, unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Lelah secara mental perlu dipahami seseorang orang. Terutama ketika sering muncul perasaan kurang produktif, padahal sudah banyak yang dilakukan. Lelah secara mental ini berarti Anda sudah waktunya untuk ambil jeda istirahat. Jika dipaksakan bukan hanya mental saja yang lelah, fisik Anda pun bisa ikut turun sehingga mengalami sakit. Berikut ini tanda seseorang tengah lelah secara mental.

Susah tidur
Padahal badan sedang capek namun Anda tetap susah untuk istirahat. Susah tidur pun sangat mengganggu Anda karena harus mengalaminya setiap saat. Sering insomnia atau bahkan hypersomnia bisa jadi salah satu tanda ada yang salah dengan kondisi mental kamu. Rasa lelah mental yang berlebih seringkali bikin susah tenang, merasa insecure, sampai akhirnya susah tidur.

Gampang Jengkel
Berhadapan dengan kegagalan dan ketidakmampuan memang bukan hal yang mudah. Alhasil, seringkali Anda lebih memilih untuk menghindari kontak dengan lingkungan luar karena tidak ingin mengalami kegagalan yang sama. Sekalinya interaksi dengan orang, jadi mudah jengkel bahkan meski orang lain tidak berbuat salah apa-apa. Anda mesti menarik diri dari lingkungan sekitar, sebab itu tanda dari lelah dari segi mental.

Level Motivasi Berkurang Drastis
Saat ada kerjaan tidak selesai-selesai, banyak tuntutan sana-sini, sehingga rentan bagi Anda untuk hilang motivasi. Hal ini menandakan kamu butuh rehat. Jangan paksakan diri Anda terlalu keras. Sebab sejatinya inspirasi dan motivasi itu sebetulnya ada di sekitar, dan itu bakal datang dengan sendirinya.

Lebih Sering Merasa Cemas
Akibat dari lelah mental yang berlebihan. Anda pun bisa tiba-tiba merasa sangat-sangat-sangat stress daripada biasanya, dan jadi mudah merasa cemas (anxiety) setiap hari. Jika cemas terjadi secara berlebihan Anda perlu istirahat secara mental.

Peduli pada diri sendiri itu sangatlah penting. Sebab kesehatan mental akan menjadi penunjang utama untuk bisa terus produktif sehari-hari. Jika mental tidak sehat, kehidupan Anda pun bisa jadi tidak karuan. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda mengalami kelelahan secara mental. [dan]


Apa Reaksi Anda?

Komentar