Iklan Banner Sukun
Ragam

Pahami! Ini 7 Tipe Kesepian yang Sering Dialami

Ilustrasi seseorang yang kesepian. (Noah Silliman, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kesepian yang dialami oleh seseorang bisa terjadi lantaran berbagai hal. Sepi karena tidak ada kawan, sepi karena hal baru, dan lain lain.

Dilansir dari Bustle dan Psychology Today, menurut psikolog dunia kesepian juga ada jenis-jenisnya. Berikut ini tipe kesepian berdasarkan dari penyebabnya.

1. Kesepian akibat sesuatu yang Baru

Biasanya sepi ini muncul ketika Anda berada di lingkungan yang baru. Semua hal akan tampak asing, baik situasi maupun orang yang ada di dalamnya. Hal ini bisa membuat Anda merasa sendiri, dan kesepian akibat kondisi sekitar yang asing.

2. Kesepian karena Tidak Ada Pasangan

Kesepian ini merupakan tipe yang wajar dan sering terjadi pada seseorang. Sebab tidak ada tempat untuk membangun intimacy. Sehingga seseorang akan merasa selalu sendiri tanpa kehadiran pasangan.

3. Kesepian karena Tidak Ada Waktu Untuk Diri Sendiri

Hangout bersama teman benar-benar menyenangkan. Beda lagi kalau teman sudah tak punya waktu buat Anda. Entah karena dia ingin mengejar mimpi atau kesibukan lainnya. Pasti rasa kesepian juga menghampiri.

4. Kesepian karena Untrustworthy

Mungkin Anda merasa sedih saat teman atau sahabatmu mulai menjauh. Lalu rasa percayamu pada dia mulai memudar. Hal seperti ini juga bisa membuatmu kesepian karena ditinggal secara perlahan oleh sahabat.

5. Kesepian karena Merasa Berbeda

Sering terjadi pada anak rumahan yang ikut kegiatan outdoor. Rasanya sulit banget berhubungan sama orang lain untuk beradaptasi. Hal ini bisa membuat Anda kesepian karena perasaan berbeda dari yang lain.

6. Kesepian karena Kehilangan

Kehadiran seseorang yang berarti bagi Anda menjadi hal yang membahagiakan. Sehingga, kehilangan sosok ini bisa membuat perasaan menjadi hampa dan sepi, bahkan terkadang risau.

7. Kesepian Tanpa Hewan Piaraan

Memiliki hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan bisa jadi obat mujarab buat menghilangkan penat. Bagi beberapa orang yang punya kebutuhan menjalin hubungan dengan hewan piaraan. Pasti akan merasa kesepian tanpa kehadiran sosok yang menggemaskan itu.

Kesepian punya macamnya juga, bahkan biasa mengalami beberapa kesepian sekaligus. Beberapa jenis atau tipe kesepian itulah yang sering dialami oleh seseorang. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar