Iklan Banner Sukun
Ragam

Otak Buntu, Stres, dan Kelelahan? Lakukan Tidur Siang, Ini Manfaat yang Kalian Dapatkan!

Ilustrasi tidur siang yang membawa manfaat bagi tubuh. (Andrea Piacquadio, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Ingatkah kalian saat masih masa kanak-kanak, dimana orang tua selalu menyuruh kalian untuk tidur siang sebelum kembali bermain di sore harinya?

Mungkin dahulu kalian merasa enggan untuk tidur siang, namun ketika beranjak dewasa, tidur siang menjadi kegiatan yang ingin dilakukan di tengah-tengah padatnya aktivitas.

Nyatanya, alih-alih menambah jam tidur pada malam hari, kalian bisa melakukan tidur di siang hari untuk mengatasi kelelahan. Ini karena tidur siang membantu me-relaksasi tubuh dan menenangkan saraf-saraf tegang. Itulah mengapa, meski hanya 30 menit, kalian akan bangun dengan segar setelah tidur siang.

Tak hanya itu, tidur siang juga memiliki segudang manfaat lainnya. Apa saja? Simak pembahasan berikut.

1. Mengurangi stres dan mengubah suasana hati

Aktivitas yang begitu padat terkadang tanpa sadar telah membuat kalian merasa tertekan, stress, cemas, atau gelisah. Sehingga perasaan menjadi kacau atau mungkin badmood seharian.

Menyempatkan untuk tidur siang selama 30 menit mampu membantu untuk merilekskan pikiran dan menenangkan ketegangan.

Stres yang terkendali akan membuat suasana hati membaik pula. Ini akan mengurangi risiko kalian terkena gangguan mental seperti depresi.

2. Meningkatkan daya ingat

Kebanyakan orang lebih senang belajar di malam hari, apalagi ketika harus mengingat materi. Padahal, belajar setelah bangun dari tidur siang juga sangat disarankan loh! Ini karena tidur siang bisa menambah energi dan kinerja otak.

Jika dilakukan secara rutin akan meningkatkan daya ingat serta kemampuan untuk mengolah informasi. Kalian akan lebih fokus dan mudah untuk mengingat materi. Artinya, dalam jangka waktu yang panjang, tidur siang bisa membantu mencegah pikun atau demensia.

3. Meningkatkan kreativitas

Tidak hanya daya ingat, tidur siang rupanya juga membantu mengasah kreativitas orak kalian. Hal ini sudah dibuktikan oleh studi yang dilakukan di Universitas California, bahwa orang yang tidur siang dengan baik bahkan hingga terbawa mimpi, akan lebih kreatif dari mereka yang tidak melakukannya sama sekali.

Jika kalian kehabisan ide di tengah-tengah pekerjaan, maka sempatkan untuk tidur siang. Dijamin kreativitas dan ide-ide baru akan bermunculan!

4. Menurunkan tekanan darah

Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang rutin tidur siang dengan tidur yang cukup pula di malam hari akan memiliki risiko hipertensi yang rendah. Ini karena tidur siang dapat mengurangi hormon kortisol, yakni hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidur siang akan membantu menenangkan saraf yang tegang, sehingga tubuh akan kembali pulih dan tekanan darah tetap stabil.

5. Lebih efektif dari kafein

Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang memanfaatkan kafein agar bisa terjaga di malam harinya, entah itu untuk mengerjakan tugas, atau lembur karena pekerjaan yang menumpuk.

Alih-alih menambah jumlah konsumsi kafein, kalian bisa terlebih dahulu tidur di siang hari. Tak hanya membantu kalian tetap terjaga, tidur siang juga membawa manfaat yang baik lainnya daripada kafein.

Tidur siang di tengah-tengah kegiatan bukan berarti kalian adalah orang yang pemalas atau menunda-nunda pekerjaan. Namun ini justru mengembalikan energi fisik dan pikiran agar kembali bekerja dengan fresh. Dengan catatan, jangan sampai kebablasan hingga kalian tidak bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar