Iklan Banner Sukun
Ragam

Nyeri Haid? Minuman Ini Dipercaya Ampuh Untuk Mengatasinya

Ilustrasi minuman hijau yang dapat mengatasi nyeri haid (Rosita Eka Sukmawati, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Nyeri saat haid tentu membuat aktivitas apapun menjadi terasa tidak nyaman. Hal ini lantaran kondisi perut bagian bawah yang terasa sakit, kram, dan nyeri yang tak tertahankan. Bahkan, hingga membuat anggota badan lainnya seolah turut merasakannya.

Namun, ternyata untuk mengatasi hal tersebut, para penderita nyeri haid bisa meminum minuman tertentu yang dipercaya dapat mengurangi rasa tersebut. Beberapa di antaranya seperti;

Air putih

Mengonsumsi air putih memang kaya akan manfaat. Salah satunya agar tubuh terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Namun, ternyata minum air putih juga dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri haid saat kontraksi rahim.

Teh hijau

Pada dasarnya dalam teh hijau terdapat sifat inflamasi. Di mana hal ini berguna untuk mengurangi risiko perut kembung yang kerap terjadi saat seseorang menstruasi.

Dalam minuman ini juga terdapat senyawa I-theanineyang juga membantu penderita nyeri haid lebih tenang dan rileks.

Teh kayu manis

Kayu manis tidak hanya digunakan sebagai rempah makanan. Namun juga kerap dijadikan menu tambahan maupun utama pada minuman. Selain memberikan aroma khas, kayu manis juga memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk mengatasi nyeri haid. Caranya cukup mudah, yakni dengan minum teh kayu manis.

Jus nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu jika terjadi ketegangan pada otot. Terlebih otot rahim ketika dalam kondisi menstruasi. Tak ayal jika mengonsumsi jus nanas dianggap baik untuk meminimalisir nyeri haid.

Jus jahe

Jus jahe dapat menghambat produksi prostaglandin, di mana hal ini bisa meminimalisir rasa nyeri saat haid. Tak ayal jika minum jus jahe atau wedang jahe dapat dijadikan opsi untuk mengatasi keluhan tersebut.

Jus hijau

Jus hijau yang bisa terdiri dari sayur-sayuran hijau, seperti seledri dan bayam, ternyata juga dipercaya untuk mengatasi nyeri hingga kram saat haid. Namun, jika cara-cara tersebut dirasa tidak bisa mengurangi rasa nyeri, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar