Iklan Banner Sukun
Ragam

Ngeri, Penumpang Pesawat Ditangkap di Bandara Lantaran Bawa Ular Dalam Koper

Surabaya (beritajatim.com) – Dua orang wanita yang akan bepergian dengan pesawat ditangkap petugas bandara Thailand. Ini lantaran keduanya membawa hewan-hewan langka mulai ular, kura-kura, landak, dan bunglon dalam koper.

Petugas bea cukai di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok pun segera menggeledah dua wanita yang hendak terbang ke India itu setelah koper-koper mereka memasuki sliding rontgen. Apa yang ada di dalamnya menimbulkan kekhawatiran.

Pihak berwenang mengatakan apa yang mereka temukan membuat dua wanita itu terkena tuduhan melanggar undang-undang perlindungan hewan dan perdagangan manusia. Dua perempuan itu memiliki dua landak putih, dua armadillo, 35 kura-kura, 50 bunglon, dan 20 ular yang mereka tempatkan di dalam dua koper.

Hewan-hewan itu ditempatkan dalam kabinet-kabinet kecil sebagai kandang agar mereka tidak saling tercampur. Meski demikian, koper-koper itu ditutup rapat dan tidak ada saluran udara yang masuk. Setelah penemuan itu, otoritas hewan dipanggil, para wanita itu ditahan dan barang bawaan mereka disita.

Departemen Taman Nasional, Margasatwa dan Konservasi Tumbuhan Thailand mengidentifikasi kedua wanita itu sebagai Nithya Raja, 38 tahun, dan Zakia Sulthana Ebrahim, 24 tahun. Mereka mencoba menaiki penerbangan Thai Airways ke Chennai, India pada 27 Juni.

Mereka didakwa melanggar Undang-Undang Konservasi dan Perlindungan Satwa Liar 2019, Undang-Undang Hewan 2015 dan Undang-Undang Kepabeanan 2017.

Bandara adalah jalur yang biasa dipakai untuk perdagangan hewan. Pada 2019 lebih dari satu juta produk satwa liar ilegal dan hewan hidup disita di bandara di seluruh dunia, menurut Traffic, sebuah badan amal yang berkampanye menentang perdagangan satwa liar ilegal.

Sebuah studi tentang perdagangan global melalui bandara dari 2016-18 menemukan bahwa Thailand memiliki kasus perdagangan bandara ketiga terbanyak di dunia, dengan 57 kasus. China pertama dengan 240 dan Vitenam di urutan kedua dengan 76 kasus.

Bandara Chennai banyak menangkap para wanita sejauh ini penyelundupan hewan adalah yang paling populer, menyumbang 36,1 persen dari semua penyitaan satwa liar di 18 bandara utama India. [adg/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar