Ragam

Musuh dalam Selimut, Waspadai Ciri-Cirinya

(Foto: Kindel Media, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kita mungkin bisa mengatakan dengan lantang, “Iri bilang, Boss!” pada mereka yang iri dengan apapun yang kita miliki. Tetapi, kalimat itu akan sulit kita sampaikan pada teman sendiri. Mungkin karena sungkan, mungkin terkesan buruk sangka, atau kita bisa mengatakannya, tetapi sekadar bercanda. Meski, sangat mungkin ada teman atau sahabat yang memang iri pada kita.

Ungkapan musuh dalam selimut, mungkin bisa anda alami. Tipe teman seperti ini tidak hanya iri kepada pencapaian Anda tapi juga dapat menusuk Anda dari belakang kapan saja.

Melansir Bustle, Jumat (10/9/2021) para ahli berpendapat, kebanyakan orang tidak mau mengakui bahwa mereka sedang iri secara langsung, tak terkecuali teman Anda. “Ingat bahwa perilaku ini bukan tentang Anda, tetapi tentang masalah dan ketidakamanan teman Anda,” terang konselor Heidi McBain, LMFT. Berikut ini beberapa ciri teman iri kepada Anda, bahkan berpotensi menjadi musuh dalam selimut:

Selalu menggeluh ketidakadilan

Apakah teman Anda termasuk orang yang selalu mengatakan “Ini tidak adil” saat Anda atau orang lain mendapatkan keberuntungan? Liz Kelly LICSW, seorang terapis dalam platform kesehatan mental Talkspace, mengatakan ada kemungkinan besar teman Anda cemburu pada Anda jika mereka sering merasa bahwa hidup ini tidak adil. “Salah satu cara untuk mengetahui apakah seorang teman mungkin cemburu atau iri pada Anda adalah dengan memperhatikan bagaimana mereka berbicara tentang orang lain dan memandang dunia secara umum.” Selain itu, orang-orang seperti mereka juga kerap kali menyalahkan keadaan mengapa mereka tidak dapat mencapai apa yang dilakukan orang lain

Sangat kompetitif

Musuh dalam selimut selalu menganggap apapun dengan persaingan. Bagi mereka kehidupan adalah suatu medan peperangan sehingga harus ada yang menang dan kalah, dan mereka tidak mau kalah. Tidak hanya daya saing yang berlebihan, rasa cemburu mereka juga makin besar, hal ini juga bisa menjadi pertanda persahabatan Anda itu toxic.

Mencoba menjatuhkan orang lain

Jika teman Anda sudah mulai menjatuhkan Anda dengan perkataan atau sikap mereka, berarti teman Anda sedang merasa iri. “Seorang teman yang merasa iri pada Anda mungkin muncul ketika mereka mencoba untuk melemahkan Anda dan menjatuhkan Anda,” kata McBain. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar