Iklan Banner Sukun
Ragam

Mungkin Kamu Juga Mengalaminya, Berikut 4 Jenis Trauma yang Menakutkan

Ilustrasi seseorang yang mengalami trauma jenis tunggal (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Trauma merupakan suatu hal atau kejadian yang tidak ingin terulang kembali. Umumnya orang yang trauma merasa sangat ketakutan, cemas berlebihan, hingga tak jarang sampai membuat depresi. Terlebih jika mereka dihadapkan pada hal-hal yang berkaitan pada sesuatu yang membuatnya ingat kembali.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pengalaman buruk di masa lalu, yang telah menganggu mental hingga kesehatan fisik seseorang. Untuk mengetahui spesifikasi rasa trauma tersebut, setidaknya ada 4 jenis trauma yang perlu diketahui, di antaranya;

Trauma tunggal

Trauma jenis ini cenderung seperti namanya, terjadi akibat kejadian tunggal atau pada pengalaman diri sendiri, misalnya seperti kecelakaan motor atau terjatuh dari ketinggian. Trauma tunggal cenderung terjadi pada pengalaman pertama yang buruk lasa seseorang.

Trauma kompleks

Trauma kompleks merupakan rasa traumatis yang terjadi akibat kejadian yang berulang-ulang, secara berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Misalnya seperti, bullying oleh teman sekolah atau kantor, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan sejenisnya.

Trauma sekunder

Berbeda dengan trauma tunggal dan kompleks. Trauma sekunder justru terjadi akibat dampak dari mendengar secara detail atau melihat akibat pasca trauma seseorang. Misalnya mendengarkan dan melihat langsung seseorang bercerita dan trauma menjalin rumah tangga, kemudian membuatnya ikut merasakan hal yang sama.

Trauma antar generasi

Awalnya para orang tua hanya berfokus pada bagaimana cara untuk mengatasi trauma yang mereka alami. Namun, tak jarang mereka justru menggunakan cara yang tidak sehat. Sehingga tanpa disadari, trauma tersebut justru menurun pada anak dan cucunya. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar