Iklan Banner Sukun
Ragam

Motor Beat Mati Tiba-Tiba? Lakukan Ini untuk Mengatasinya

Ilustrasi Honda Beat (Sumber foto : astra-honda.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Apakah kamu salah satu pengguna motor beat? Motor satu ini cukup banyak penggemar di pasar Indonesia.

Selain harganya yang terbilang cukup murah, perawatannya juga mudah. Selain itu, banyak yang mengklaim, motor beat irit dalam penggunaan bahan bakar.

Namun, beberapa pengendara beat terkadang menemui masalah saat menggunakannya. Salah-satunya ialah mesin mati di jalan. Wah, kalau sudah begini, apa yang harus kita lakukan?

Untuk Motor Beat Injeksi

  1. Motor Beat Injeksi dilengkapi dengan pengamanan sensor, sehingga mesin tidak bisa menyala jika standar samping belum diangkat. Jika motor kamu tiba-tiba mati ada kemungkinan kalau kabel switch standar samping putus. Jika benar, maka segera ganti dengan yang baru, agar mesin dapat kembali menyala
  2. Kemungkinan penyebab mesin mati lainnya adalah arus listrik drop. Jika ini terjadi, coba periksa tegangan aki motor anda.
  3. Jika sebelum motor mati kamu mendengar motor bersuara aneh lalu mati. Ada kemungkinan, kalau komponen dalam motormu kotor. Maka, kamu bisa mencoba membersihkannya, seperti bagian busi, filter udara dan throttle body.
  4. Penyebab mesin beat lainnya juga bisa karena brush starter keausan. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti komponen brush starter dengan yang baru.

Untuk Beat Karburator

  1. Salah-satu yang menjadi penyebab motor beat mati, biasanya karena terdapat kerusakan di sistem pengapian. Maka dari itu, kamu harus memeriksa seluruh sistem pengapian seperti busi, coil dan spul. Untuk menghindari mesin mati karena masalah pengapian, pastikan kamu rajin mengeceknya ya.
  2. Karet vakum pada radiator sobek juga bisa jadi penyebab motor beat kamu mati mendadak. Cara mengatasi karet vakum yang sobek, tentu kamu harus menggantinya dengan yang baru.
  3. Periksa filter udara, biasanya bagian ini sering kali tertutup oleh kotoran, jika tidak pernah dibersihkan, bisa jadi akan mengakibatkan mesin motor beat kamu tiba-tiba mati.

Itu adalah beberapa indikator dan cara mengatasi mesin motor beat kamu jika tiba-tiba mati. Jika kamu tidak ingin mengalami ini di jalan, sebaiknya kamu mulai membiasakan diri untuk memeriksa motor kamu secara berkala.

Ibarat tubuh kita yang butuh makan dan minum, mesin motor juga membutuhkan perawatan. (Jhn/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev