Iklan Banner Sukun
Ragam

Mood Kacau? Gunakan Wara Ini Agar Suasan Hati Membaik

(Foto: David Pisnoy, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pernahkah kalian bangun tidur dengan kondisi suasana hati yang berantakan. Namun, meskipun mood sedang kacau, aktivitas dan rutinitas sehari-hari harus tetap berjalan. Jika sudah seperti itu, kinerja kita bisa menjadi kurang maksimal. Padahal, kita tetap harus profesional tidak peduli seperti apa suasana hati kita.

Rupanya, ada sebuah penelitian yang menunjukkan kalau warna bisa mempengaruhi suasana hati dan cara orang lain menghadapi kita. Melihat warna tertentu bahkan bisa mengubah detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Temuan ini didapat oleh Keith Jacobs dan Frank Hustmyer di tahun 1974. Warna merah misalnya, bisa meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan iritabilitas.

1. Merah

Warna satu memang terkenal dengan makna yang berani. Nyatanya, menggunakan pakaian berwarna merah akan membantu kalian lebih percaya diri dan terlihat lebih kuat. Warna bisa mengembalikan mood karena diketahui bisa menambah semangat dalam diri kalian. Jika kalian tidak PD karena takut terlalu mencolok, bisa juga menetralkan dengan pemilihan warma yang lebih kalem, seperti putih.

2. Kuning

Warna cerah satu ini, bisa dipastikan bisa mengembalikan mood dan energi secara drastis. Warna ini diketahui bisa meningkatkan semangat dan membuat orang menjadi bahagia. Warna kuning yang identik dengan matahari, sangat cocok digunakan agar bersemangat untuk beraktivitas di pagi hari. Ditambah lagi, warna kuning juga bisa membuat orang lain melihat dan merespon kita lebih positif, lho!

3. Hijau

Warna pepohonan dan bukit ini, diketahui bisa membantu kalian yang sedang mengalami stress atau kecemasan, sehingga pikiran bisa lebih jernih. Bahkan, memandang segala sesuatu yang hijau juga bisa menyegarkan mata. Ini karena warna hijau termasuk warna yang menenangkan. Cocok untuk dipakai saat aktivitas sedang padat.

4. Biru

Biru seringkali dihubungkan dengan suasana hati yang sendu atau mellow. Padahal, warna biru juga biru juga bisa menonjolkan sisi tenang, stabil, dan kalem dari diri kalian. Orang yang mengenakan busana biru pun terkenal memiliki kepribadian yang cukup perasa. Untuk mempercantik penampilan, kalian bisa memadukan dengan warna netral atau pastel.

5. Pink

Warna yang lebih identik dengan perempuan ini ternyata memiliki efek menenangkan pada saraf, dan diyakini bisa melepaskan amarah. Kalian yang sedang dilanda emosi, bisa menggunakan pakaian warna ini agar dapat menjalani hari dengan lebih tenang. Uniknya lagi, sejumlah penjara di Jerman memiliki sel dengan cat pink lembut. Hal tersebut dikarenakan warna merah jambu ini terbukti mampu mengurangi perilaku agresif para tahanan.

Jadi, jangan asal-asalan memilih outfit untuk berkegiatan, karena pakaian yang kita gunakan sangat berpengaruh dengan suasana hati. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar