Iklan Banner Sukun
Ragam

Mitos Mandi Malam, Benarkah Dapat Sebabkan Rematik?

Ilustrasi (foto : Jakayla Toney, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak yang mengatakan bahwa mandi malam bisa menyebabkan rematik. Padahal hal tersebut merupakan mitos yang hingga saat ini masih dipercayai orang awam.

Mandi malam dapat melepaskan penat akibat aktivitas seharian dan tidur menjadi lebih nyenyak. Namun ada yang percaya kalau mandi malam dapat menyebabkan nyeri sendi atau rematik. Padahal itu cuma mitos, berikut ini beberapa mitos yang masih dipercaya soal mandi malam:

Sebabkan Rematik

Mitos yang sering beredar adalah mandi malam dapat menyebabkan rematik. Padahal tidak ada penjelasan ilmiah terkait hal tersebut. Melansir dari salah satu sumber, Sabtu (21/8/2021) dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan reumatologi, Handono Kalim menyampaikan pendapatnya soal mandi malam yang katanya bisa menyebabkan rematik, “Mandi malam enggak masalah. Itu hanya mitos.”

Mengutip Healthynowandforever, mandi malam tidak menyebabkan nyeri rematik, namun sudah pasti mandi malam akan mempermarah nyeri rematik jika sebelumnya orang tersebut memang memiliki masalah pada persendian. Kalau ingin mandi malam, usahakan dengan air hangat, air dingin akan memperparah nyeri sendi.

Membuat Kulit Kering

Efek berlama-lama mandi malam memang membuat kulit cepat kering. Allert Benedicto Leuan Noya, seorang dokter mengungkapkan bahwa pentingnya membatasi waktu mandi malan hanya 5-10 menit untuk menjaga kelembapan kulit. Hal ini karena kulit akan kering dan iritasi jika terlalu lama terkena air. Selain itu, hindari untuk mandi dengan suhu air yang terlalu panas.

Dapat Menyebabkan Paru-Paru Basah

Mitos terakhir soal mandi malam adalah bisa sebabkan penyakit paru-paru basah. Dalam dunia medis paru-paru basah dikenal dengan pneumonia. Penyakit ini merupakan suatu kelainan yang menyerang paru-paru karena adanya peradangan pada kantung udara di paru-paru, kantung tersebut berisi cairan atau nanah sehingga penderitanya mengalami kesulitan bernafas.

Peradangan yang terjadi karena pneumonia tidak disebabkan oleh masuknya air saat mandi malam malam, tetapi karena infeksi bakteri, virus, maupun jamur. Justru sebaliknya, mandi malam dengan air hangat dapat melegakan jalan pernapasan bagi penderita pneumonia, sehingga dapat tidur dengan nyenyak. [rsf/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar