Iklan Banner Sukun
Ragam

Misteri Keberadaan Gunung Semeru, Mbah Dipo : Jika Semeru Meletus, Pergilah ke Sungai

Ranu Kumbolo Gunung Semeru yang sering menjadi tempat peristirahatan pendaki, namun menyimpan kisah mistis dewi cantik berwujud ikan emas. (Sumber foto: Twitter @YusryAizat)

Surabaya (beritajatim.com) – Gunung merupakan suatu tempat yang menyimpan banyak kisah misteri. Kisah misteri tersebut tersebar dari mulut ke mulut dan sampai kini masih akrab di telinga para pendaki.

Tak sedikit juga ada yang percaya namun ada pula yang menganggap jika itu hanya cerita khayalan.

Sebut saja Gunung Semeru, salah satu Gunung termegah di Pulau Jawa. Terletak di dua wilayah yakni Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Namun, dibalik keagungannya menyimpan berbagai cerita misteri sebagai berikut :

1. Satu Pasang Prajurit Majapahit
Adanya dua patung bersejarah di Arcopoda. Area ini merupakan dataran luas yang berada di kaki Gunung Semeru dan seringkali digunakan untuk tempat peristirahatan para pendaki.

Akan tetapi, menurut sumber informasi jika orang yang memiliki keahlihan supranatural mereka dapat melihat satu pasang patung prajurit dari era Majapahit di area Arcopoda ini.

Sudah banyak yang mengaku jika pernah melihat “Penjaga gunung” ini, tetapi sayangnya penjelasannya berbeda-beda, mulai dari ukuran hingga rupa asli patung.

2. Kisah Juru Kunci Mbah Dipo
Kisah juru kunci Gunung Semeru atau dikenal dengan Mbah Dipo, walau ia sudah meninggal namun sosoknya begitu dikenal oleh kalangan pendaki.

Apalagi sebelum meninggal Mbah Dipo pernah berpesan jika Semeru meletus, maka pergilah ke arah sungai. Jangan pernah menuju ke arah Gunung Sawur. Entah hal itu benar atau tidak.

3. Paku Pulau Timur Jawa
Selain itu, menurut legenda bahwasannya konon Pulau Jawa dulunya mengambang di lautan dan terombang ambing tertulis dalam kitab kuno abat 15. Lalu para dewa memutuskan untuk memaku Pulau Jawa dengan Gunung Meru atau dikenal dengan Semeru ini.

Dipercaya jika Gunung Semeru sendiri dulunya berada di India, dan dibawa ke Pulau Jawa oleh Dewa Wisnu dan Dewa Brahma. Selain itu Gunung ini sempat di bagi menjadi dua bagian karena Pulau Jawa berat sebelah. Maka di sisi timur Gunung Semeru dan di sisi barat adalah Gunung penanggungan.

4. Misteri Kelik
Kawasan yang menyimpan misteri lainnya adalah Kelik. Kelik merupakan tempat penghormatan bagi orang-orang yang telah meninggal, tempat ini bisa ditandai dengan adanya batu “In Memoriam” milik Soe Hok Gie. Konon banyak orang kesurupan di tempat ini.

5. Dewi Cantik yang Berwujud Ikan Emas
Apa yang Anda bayangkan jka melihat dewi cantik pasti terpesona bukan? Namun di kawasan Ranu Kumbolo dewi cantik berkebaya kuning tersebut berwujud seekor ikan emas besar dan dipercaya sebagai penunggu tempat tersebut.

6. Misteri Tanjakan Cinta
Nah, bagi Anda yang belum dapat jodoh bisa mencoba ke Tanjakan Cinta Gunung Semeru. Konon tanjakan cinta yang memiliki permukaan terjal dan panjang ini dipercaya bisa menemukan tambatan hati lho. Namun, syaratnya tanpa istirahat dan enggak boleh menoleh ke kanan atapun kiri. (frs/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev