Iklan Banner Sukun
Ragam

Minuman yang Dapat Atasi Nyeri Haid, Salah Satunya dari Tanaman yang Ada di Sekitar Rumah

Air jahe salah satu minuman yang dapat mengatasi nyeri haid (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Nyeri haid merupakan kondisi nyeri atau kram pada bagian bawah perut. Selain membuat penderitanya merasa tidak nyaman, nyeri haid juga kerap menganggu aktivitas sehari-hari.

Jika hal ini mulai dirasakan, beberapa minuman sederhana ini mungkin bisa jadi solusi untuk mengatasi nyeri haid, di antaranya;

Air putih

Dengan mengonsumsi air putih diharapkan perut kembung akibat menstruasi dapat teratasi. Bahkan membuat nyeri haid berangsur membaik. Hal ini tak lepas dari kontraksi rahim yang menurunkan nyeri atau kram pada perut bagian bawah.

Teh hijau

Teh hijau juga dipercaya baik untuk kesehatan. Salah satunya dalam mengatasi kembung saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan inflamasi di dalam teh hijau. Bahkan, minuman ini juga mengandung senyawa lain yang dapat membuat tubuh lebih rileks dan tenang.

Jus nanas

Untuk meredakan ketegangan pada otot, terlebih pada otot rahim saat menstruasi, mengonsumsi jus nanas juga bisa menjadi alternatif. Terlebih karena adanya enzim bromelain di dalamnya, yang dapat mempercepat keluhan nyeri haid.

Air jahe

Air jahe tak hanya bagus untuk meredakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh. Salah satu manfaat lainnya yakni dapat membantu menghambat produksi prostaglandin. Di mana hal ini berguna untuk mengatasi nyeri atau kram saat menstruasi.

Jus hijau

Tidak hanya jus nanas yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri haid. Namun, ada berbagai jus lain yang bisa menjadi opsi, yakni jus hijau. Minuman ini bisa dibuat dari jenis sayur-sayuran hijau seperti bayam dan seledri.

Jika beberapa opsi minuman tersebut masih dirasa belum maksimal dalam mengatasi nyeri haid, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar