Iklan Banner Sukun
Ragam

Minuman Tradisional Berikut Ini Asli Indonesia, Punya Manfaat Menyehatkan Bagi Tubuh

(Foto: Jia Ye, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Minuman tradisional Indonesia dipercaya punya banyak manfaat untuk kesehatan, misalnya untuk membantu menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh. Hal itu dikarenakan minuman tradisional Indonesia diolah dari hasil alam, dan tidak menggunakan penyedap rasa, atau bahan pengawet.

Selama masa pandemi covid-19, minuman tradisional tentu sangat pas guna menghangatkan tubuh sembari bekerja atau belajar dari rumah. Minuman tersebut jelas menyehatkan karena bisa dibuat sendiri. Berikut ini, beberapa minuman tradisional menyehatkan asli Indonesia yang cukup banyak digemari.

Sarabba

Minuman ini berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Minuman itu punya khasiat untuk daya tahan tubuh. Bahan untuk membuat minuman ini berasal dari ramuan jahe, bubuk kayu manis, merica bubuk, pala bubuk, kuning telur, santan kental, dan gula merah.

Teh talua

Teh talua adalah minuman khas dari Sumatera Barat. Teh Talua ini menggunakan bahan dasar minuman teh yang dicampur dengan kuning telur dan rempah-rempah khas daerah Sumatera Barat. Percampuran itu yang menghasilkan rasa segar bagi yang meminumnya.

Wedang uwuh

Wedang Uwuh jadi minuman yang cukup populer di pulau Jawa. Ini adalah minuman tradisional yang sebenarnya khas Yogyakarta, khususnya Bantul. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman panas, dan uwuh yang memiliki sampah.

Disebut wedang uwuh karena memang minuman ini diramu dari berbagai jenis rempah kering yang sekilas tampak seperti bahan tak terpakai alias mirip sampah. Minuman ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, terutama bagi kalian yang sedang merasa kurang enak badan minum wedang uwuh bisa bantu pulihkan.

Bir pletok

Bir Pletok bukanlah minuman yang mengandung alkohol meskipun namanya bir. Bir pletok adalah minuman kekhasan warga Betawi sejak masa kolonial. Adapun Komposisi dari Bir pletok yaitu jahe, kayu secang, Gula dan rempah-rempah.

Wedang ronde

Minuman tradisional ini dipercaya banyak sumber berasal dari China yang dikenal dengan tang yuan atau dongzhi. Dulu, minuman ini diperkenalkan oleh para saudagar China yang berlabuh di daerah Jawa Tengah. Wedang ronde terbuat dari jahe hangat ditambah bulatan tepung ketan, dan bulatan kenyal yang berisi kacang tanah.

Bajigur

Bajigur konon, berasal dari kebiasaan para petani di Jawa Barat yang punya hobi membuat minuman dari gula aren sebelum turun ke sawah. Resep minuman ini pun kini telah menyesuaikan zaman dan selera anak muda.

Pernah mencoba minuman tradisional khas Indonesia tersebut? Jika belum, kalian mesti mencoba, dan rasakan khasiatnya. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar