Iklan Banner Sukun
Ragam

Miliki Pertahanan Jiwa Kuat Dengan Cara Berikut

(Foto: Amarnath Tade, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pandemi telah mengakibatkan banyak hal salah satunya memicu kecemasan berlebih pada jiwa seseorang. Banyak pula orang yang menjadi depresi akibat pandemi. Resiko seseorang menjadi adiksi gawai juga semakin tinggi karena penggunaan gawai yang meningkat selama pandemi.

Peristiwa itu tidak hanya terjadi pada usia anak-anak, tetapi juga dialami oleh orang dewasa. Sebagaimana dikatakan Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) Kristiana Siste Kurniasanti dilansir dari Instagram @kompasklasika, kesadaran masyarakat untuk bisa menjaga kesehatan jiwa perlu ditingkatkan.

Pandemi Covid-19 yang tidak pasti menuntut seseorang agar mampu membangun

pertahanan jiwa yang kuat. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan guna membangun pertahanan jiwa yang lebih kuat dan tangguh.

Menerapkan self love dan self care.

Self love merupakan bentuk upaya untuk mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan juga kelebihannya. Dengan praktik self love jiwa seseorang akan lebih tenang. Selain self love, self care yaitu bentuk peduli pada diri sendiri juga tidak kalah penting demi menguatkan jiwa.

Mengelola stres

Mengolah stres salah satunya bisa dilakukan dengan menulis catatan harian atau journaling. Menuangkan masalah juga kerisauan hidup pada tulisan akan turut melepaskan emosi yang terpendam dalam jiwa.

Tetap menjaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh ini penting dilakukan oleh semua orang. Sebab didalam tubuh yang bersih jiwa juga akan tenang. Lingkungan yang bersih jadi pendorong seseorang bisa lebih produktif. Termasuk saat hendak beristirahat pada malam hari, jangan lupa untuk membersihkan diri. Tidur dengan tubuh yang bersih dapat meningkatkan kualitas tidur.

Melakukan hobi

Setiap orang pasti memiliki hobinya tersendiri. Untuk meningkatkan kekuatan jiwa bisa dengan melakukan hiburan dengan hobi. Di samping itu juga bisa melakukan aktivitas baru yang menyenangkan.

Komunikasi dengan orang terdekat juga

Komunikasi penting untuk dilakukan dan perlu dijaga terutama dengan orang terdekat. Sekalipun komunikasi hanya secara virtual, setidaknya tetap menjalin komunikasi hanya untuk bertegur sapa.

Tetap tegar dan punya jiwa tenang dalam menghadapi berbagai tekanan. Lakukan beberapa hal di atas secara konsisten. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar