Iklan Banner Sukun
Ragam

Miliki Khasiat Setara, 3 Minuman Ini Bisa Menggantikan Kopi

(Foto: Freestockorg, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Popularitas kopi dari hari ke hari terus meningkat. Bukan hanya kopi nusantara tetapi juga kopi sachet yang semakin banyak ragam dan rasanya. Namun, beberapa orang merasa bahwa kopi memiliki efek negatif yang tidak baik untuk kesehatan.

Seperti dapat meningkatkan peradangan dan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Nah, untuk menyiasatinya, beberapa minuman ini bisa menggnatikan kopi dan tetap memiliki khasiat yang sama:

Teh matcha

Bagi Anda yang terbiasa menyeruput seduhan kopi hangat di pagi hari, cobalah untuk menggantinya dengan teh matcha. Melansir The well nest, minuman ini dipercaya mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan peradangan, kata Stacey Simon, MS RDN, ahli diet terdaftar di New York City.

Manfaat lainnya, matcha akan membuat Anda merasa waspada tanpa kegelisahan yang sama efektifnya dengan mengonsumsi kopi. “Matcha mengandung asam amino yang disebut L-theanine, yang memberi Anda ledakan energi lebih tenang dan tidak ada benturan,” jelas Simon.

Kopi chicory

Jika Anda tidak dapat terpisahkan dari kopi, mungkin mengonsumsi kopi chicory dapat menjadi alternatif tambahan bagi Anda. “Minuman ini terbuat dari akar chicory, ini terlihat, terasa, dan berbau seperti kopi, tetapi tanpa kafein dan keasaman yang dibawa biji kopi ke dalam cangkir,” kata Simon. Akar chicory mengandung inulin, prebiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi peradangan.

Mengonsumsi kopi chicory juga dapat meningkatkan kontrol gula darah. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa chicory inulin membantu mengontrol gula darah pada tikus dengan diabetes tipe dua setelah delapan minggu.

Air lemon hangat

Simon juga merekomendasikan untuk mengonsumsi air lemon hangat untuk mengantikan secangkir kopi di pagi hari. Cukup dengan memeras sedikit lemon, kemudian tambahkan secangkir air panas. Campuran ini dipercaya mampu membantu rehidrasi setelah tidur malam yang panjang.

Plus, air lemon adalah sumber vitamin C antioksidan yang hebat. Walaupun Simon menyarankan untuk menuangkan air hangat, Anda juga dapat menggantikan dengan air dingin. “Rasanya seperti alternatif yang menyenangkan dan menenangkan untuk secangkir kopi pagi,” jelasnya. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar