Ragam

Mie Pipih dengan Bacaan Sutra Hati, Biar Selalu Ingat Berdoa

Surabaya (beriatajatim.com) – Sebuah restoran di kota Ota, Prefektur Gunma, Jepang, menjadi viral karena menjual jenis mie unik. Mie tersebut berbentuk pipih mirip lembaran kertas dengan Sutra Buddha lengkap tercetak di atasnya.

Nittanosho Kanzantei, sebuah restoran kecil di Ota, telah mendapatkan banyak perhatian untuk produk yang bahkan tidak ada di menu. Apa yang disebut “mie suci” hanya tersedia sebagai suvenir, untuk dimasak di rumah atau diberikan sebagai hadiah, tetapi sangat menarik sehingga orang tidak bisa berhenti membicarakannya.

Dipotong menjadi lembaran persegi panjang yang tebal, mie unik ini menampilkan karakter besar seperti kaligrafi yang tercetak di atasnya dengan bahan yang dapat dimakan yang tetap terlihat bahkan setelah dimasak. Jadi Anda benar-benar dapat membaca makanan Anda saat Anda memakannya!

Sebungkus mie suci sebenarnya menampilkan Sutra Hati yang lengkap, salah satu teks paling suci dalam agama Buddha. Di banyak kuil, Sutra Hati sering diberikan kepada pengunjung dalam bentuk kertas, tetapi Nittanosho Kanzantei memutuskan bahwa Sutra Hati ini juga berfungsi dengan baik pada mie.

Sutra Hati berkaitan dengan konsep kekosongan dan sering dilantunkan oleh para biksu di pemakaman atau upacara peringatan, atau sebagai praktik meditasi di kuil. Itulah alasan utama mengapa Nittanosho Kanzantei tidak menyajikan mie sucinya kepada pelanggan, ini adalah hidangan yang paling baik dikonsumsi dalam privasi rumah seseorang.

Sebungkus mie suci berisi seluruh 260 karakter Sutra Hati, serta buklet yang menampilkan teks lengkap dengan huruf furigana untuk membantu membaca kanji yang paling sulit, dan panduan terjemahan bahasa modern bagi mereka yang tidak terbiasa dengan sutra.

Menurut situs web Nittanosho Kanzantei, mie suci yang kental itu “dicetak” menggunakan campuran arang bambu dan pewarna karamel yang dapat dimakan yang berasal dari gandum. Meskipun karakternya sedikit memudar setelah dimasak, mereka masih terlihat dan terbaca dengan sempurna. Meskipun merebus bisa dilakukan, restoran merekomendasikan untuk merebusnya dengan sayuran musiman seperti kol, wortel, bawang, dan talas.

Mie suci dilaporkan hanya dijual di Prefektur Gunma. Paket tiga porsi dilengkapi dengan bumbu dashi untuk menambah rasa dan berharga 1.620 yen (sekitar Rp180 ribu). [adg/beq]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar