Ragam

Mewujudkan Kesehatan Mental, 5 Tips Untuk Self Healing

(Sumber foto: Alisa Anton, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Self-healing atau menyembuhkan diri sendiri merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh diri sendiri untuk sembuh dari trauma atau pengalaman buruk di masa lalu. Cara kerja self-healing bukan seperti obat yang langsung Anda minum langsung kemudian sembuh.

Self healing ini merupakan sebuah proses diri untuk menerima luka tersebut dan membentuk pikiran positif dari suatu kejadian traumatik. Sebuah penelitian pernah mengungkap jika seseorang dapat menyembuhkan diri mereka sendiri hingga 18-75%.

Penelitian lain juga mengungkap jika 67% self-healing dapat menurunkan kecemasan dilansir dari Daily Mail. Salah satu poin utama dari self-healing yaitu agar Anda bisa menggali luka batin juga memahaminya.

Terkadang kunci dari pikiran negatif adalah cara Anda untuk menginterpretasi sebuah kejadian. Dampak dari self-healing ini dapat menstabilkan mental dan emosi. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Anda melakukan self healing.

Safe Space

Terkadang menjaga jarak dengan orang lain itu diperlukan juga dalam rangka melakukan pembenahan mental. Cobalah menyendiri beberapa saat, lepas dari keadaan dan kondisi sosial di sekitar.

Self-Compassion

Saat diri Anda dihadapkan dengan hal buruk cobalah untuk tetap lembut pada diri sendiri. Di samping itu Anda juga mesti melakukan tindakan untuk keluar dari permasalahan itu dengan diri sendiri.

Memahami Emosi Negatif

Emosi negatif sebenarnya juga Anda perlukan. Biarkan emosi negatif itu mengalir tapi jangan biarkan emosi tersebut mengambil nahkoda dalam diri Anda. Anda harus bisa mengendalikan hal itu sehingga bisa lebih paham akan diri sendiri.

Mencintai Diri Sendiri

Kritik memang diperlukan, tetapi tidak ada salahnya juga untuk bersikap lembut pada diri Anda sendiri. Ingat bahwa Anda juga manusia dan maafkanlah kesalahan dari diri sendiri.

Dukungan sosial

Anda mesti berkumpul dengan lingkungan yang baik, artinya orang yang selalu mendukungmu.Sebenarnya self-healing tidak berarti Anda memiliki gangguan yang berat dan tidak semua orang dapat melakukan self-healing.

Sehingga, tidak perlu Anda berkecil hati saat Anda mendapat kesulitan hidup. Beberapa kegiatan sederhana untuk self-healing misalnya dengan aktivitas yang menjadi hobi Anda.

Healing dengan aktivitas outdoor dengan melihat langit, melihat tanaman hijau, berkebun, meditasi dan olahraga. Aktivitas lain yang bisa dilakukan dengan curhat pada orang lain, mendengar musik, minum teh, atau menulis journaling. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar