Iklan Banner Sukun
Ragam

Merasa Tak Lakukan Apapun, Pria Ini Kaget Dapat Predikat Manusia Terburuk di Dunia

Surabaya (beritajatim.com) – Seorang pria di Spanyol merasa hidupnya tak bermasalah. Tetapi perasaan itu berubah setelah dia mendapat predikat sebagai pria terburuk di dunia, padahal merasa tak pernah melakukan keburukan apapun.

Dilansir dari Odditycetral.com, Josep Maria García (42) dari Catalonia, Spanyol, tidak tahu dia telah menjadi meme internet global sampai dia menerima telepon dari saudara iparnya. Saudara iparnya lalu menyuruh dia tidak panik tetapi mencari frasa “terburuk orang yang Anda kenal” di Google.

Begitu dia menekan tombol pencarian, paranoia melanda dia. Wajahnya ada di mana-mana! Mencoba mencari tahu mengapa dia menjadi wajah yang terkait dengan frasa negatif, García akhirnya menyadari itu semua terkait dengan peristiwa di 2014.

Saat itu, saudara iparnya mengambil foto percobaan dia untuk memeriksa pencahayaan. Foto itu kemudian diunggah ke Getty Images sebagai foto stok.

Kakak ipar García adalah seorang fotografer profesional dan delapan tahun lalu, dalam perjalanan ke Barcelona untuk mengambil beberapa foto untuk seorang penulis Amerika. Dia meminta Josep yang saat itu berusia 34 tahun untuk berpose agar dia dapat menyesuaikan pencahayaan.

Gambar itu ternyata sangat bagus sehingga mereka memutuskan untuk mengunggahnya ke katalog stok foto Getty Images. García mengatakan bahwa dia samar-samar ingat saudara iparnya mengatakan kepadanya bahwa fotonya digunakan untuk artikel berita satir pada tahun 2018, tetapi dia tidak terlalu memperhatikan berita tersebut.

Ternyata, artikel satir khusus ini adalah tentang orang terburuk yang Anda kenal membuat poin yang bagus, dan karena algoritme Google tampaknya tidak mampu membedakan antara berita nyata dan sindiran, foto Josep mulai muncul untuk frasa “terburuk orang yang kamu kenal”, akhirnya menjadi meme di media sosial.

“Anda bertanya-tanya, oke, sekarang apa yang terjadi,” kata Josep baru-baru ini kepada The Guardian. “Akankah orang-orang muncul di sini, ingin mengenal saya? Atau ingin menghajarku?”

Sampai baru-baru ini, ketenaran online Josep Maria García sebagai “orang terburuk yang Anda kenal” tidak memengaruhi hidupnya sama sekali. Meme itu sebagian besar mendapatkan daya tarik di media sosial Inggris, dan tidak ada orang di kotanya yang berpenduduk sekitar 26.000 orang yang tampaknya mengetahuinya. Tapi kemudian seorang jurnalis mulai memberikan petunjuk tentang cara menemukannya di serangkaian posting media sosial, dan akhirnya, troll internet melacaknya.

“Saya telah membaca komentar yang mengatakan ‘dia memiliki wajah supremasi Nazi’ atau bahwa ‘tidak ada empati dalam penampilan saya’, kata Josep. “Saya punya banyak foto dengan tampilan itu – itulah penampilan saya.

Meskipun ia sebagian besar mengabaikan reaksi kebencian terhadap fotonya, rupanya pelecehan itu menjadi sangat buruk sehingga saudara iparnya akhirnya menghapus foto itu dari portofolio online-nya. Tetap saja, wajahnya akan selamanya dikaitkan dengan ungkapan “orang terburuk yang Anda kenal” dan hampir tidak ada yang bisa dia lakukan untuk itu.

“Ini tidak mudah. Mengejutkan berapa juta hits yang ada, ”kata pria Spanyol itu. “Tetapi memang benar bahwa dengan berlalunya waktu, Anda mulai melihatnya secara berbeda.” [adg/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar