Iklan Banner Sukun
Ragam

Merasa Kesepian atau Depresi? Begini Cara Tingkatkan Hormon Bahagia Dalam Tubuh

Ilustrasi hormon kebahagiaan yang meningkat (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tentu saja tak semua orang melulu merasakan bahagia. Akan ada kondisi di mana mereka merasakan kesepian, depresi, kurangnya motivasi, cemas, hingga tak jarang merasakan sakit dalam tubuh.

Jika hal ini tak kunjung diatasi, maka aktivitas sehari-hari pun bisa turut terganggu. Tak ayal jika seseorang butuh cara untuk mengatasinya, salah satunya yakni dengan meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Berikut caranya;

Reward hormone

Reward hormone merupakan rasa bahagia yang didapatkan setelah melakukan sesuatu. Hal ini bisa dengan cara-cara yang cukup sederhana, misalnya makan makanan lezat serta sehat, berolahraga, istirahat yang cukup, atau mungkin sekadar tertawa.

Meski cukup sederhana, namun nyatanya hal seperti itu bisa meningkatkan hormon bahagia seseorang.

Love hormone

Love hormone atau hormon cinta bisa dilakukan hanya dengan melihat atau berkomunikasi dengan orang yang disayangi. Bisa dengan crush, kekasih, sahabat, atau bahkan orang tua.

Tak jarang bahkan seseorang melakukan kontak fisik, seperti memeluk dan mencium. Namun, meningkatkan hormon bahagia juga bisa dengan memuji atau menghabiskan waktu bersama.

The pain releiver

Cara lain untuk meningkatkan hormon bahagia ialah dengan mengurangi rasa sakit dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Hampir sama dengan reward hormone yang bisa dilakukan dengan cukup sederhana.

Misalnya dengan menonton film, membaca buku favorit, mendengarkan musik, hingga makan makanan lezat. Aktivitas-aktivitas seperti ini dianggap dapat mengalihkan rasa sakit yang dirasakan.

The mood stabilizers

Tak hanya mengalihkan fokus dan perhatian pada aktivitas-aktivitas menyenangkan. Tentu hal tersebut mungkin hanya bersifat sementara. Maka tak ayal jika seseorang perlu menstabilkan suasana hatinya.

Bisa dilakukan dengan cara meditasi, lebih mendekatkan diri pada Tuhan, memperbaiki atau meningkatkan kualitas diri.

Meningkatkan hormon tubuh memang cukup sederhana, bahkan tak hanya untuk perbaiki suasana hati dan perasaan. Namun, juga sangat baik untuk kesehatan seseorang. Hal ini tak lepas dari imun tubuh yang turut meningkat. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar