Iklan Banner Sukun
Ragam

Merasa Ekstrovert? Ini 4 Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Kalian

(Foto: Cottonbro, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert dikenal sebagai sosok yang supel dan mudah bergaul. Tak hanya dalam pertemanan, dalam lingkungan pekerjaan pun, orang berkepribadian ekstrovert ini dianggap mudah dalam berkomunikasi dan menjalin relasi. Inilah yang sebenarnya dibutuhkan di lapangan pekerjaan, karena keterampilan komunikasi yang menjadi gambaran awal dalam melakukan sesi wawancara saat sedang melakukan interview kerja.

Belum lagi jika pekerjaan kalian berhubungan dengan jual beli, di mana kita memiliki tugas untuk memasarkan suatu barang. Maka komunikasi menjadi hal yang penting untuk menarik pembeli. Namun jangan khawatir, ada segudang lapangan pekerjaan yang akan cocok untuk kalian dengan kepribadian ekstrovert. Seperti yang di bawah ini.

1. Pembawa Acara/Penyiar

Salah satu pekerjaan yang banyak dilakoni oleh orang yang ekstrovert adalah sebagai penyiar atau pembawa acara. Di mana kalian harus memiliki kemampuan untuk berbicara di depan umum. Tak hanya berbicara saja, tapi pekerjaan ini mengharuskan kalian untuk membentuk suasana serta membangun interaksi yang baik dengan khalayak. Terutama untuk penyiar radio, mereka hanya bisa mengandalkan nada bicara karena pendengar tidak bisa melihat ekspresi mereka. Pekerjaan ini membutuhkan orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

2. Public Relation

Jika kalian seorang ekstrovert tapi lebih suka kerja dengan suatu perusahaan, public relation mungkin bisa menjadi solusinya. Di sini, kalian harus selalu membangun citra perusahaan agar lebih baik. Kalian juga akan berurusan langsung dengan customer, klien, media, bahkan pemerintahan. Skill komunikasi sangat dibutuhkan dala pekerjaan ini, karena akan memaksa untuk berhubungan dengan orang banyak.

3. Event Organizer

Bagi kalian yang senang bekerja dengan banyak orang, mendesain atau merencanakan suatu acara, maka event organizer atau perencana acara bisa menjadi salah satu pilihan.

Selain membutuhkan komunikasi dan gaya koordinasi yang baik dengan banyak orang, kalian juga dituntut untuk mengatur tak hanya rencananya naun juga orang-orangnya, memberi dukungan terutama saat krisis. Selain itu, kemampuan berdiskusi dengan klien juga sangat penting, untuk menanyakan acara seperti apa yang ingin dibuat oleh klien dan cara apa untuk mewujudkannya.

4. Customer Service

Menjadi customer service akan cocok dengan kalian yang ektrovert namun ingin bekerja sebagai pegawai kantoran. Seperti namanya, pekerjaan dari layanan pelanggan ini tentu saja melayani pelanggan terutama ketika sedang mengalami masalah karena suatu produk dari perusahaan.

Skill komunikasi yang dibutuhkan tidak main-main, karena pekerjaan ini membutuhkan mereka yang bisa menenangkan pelanggan dan memberikan informasi serta solusi yang tepat sesuai yang mereka butuhkan. Ini juga bisa menajadi ajang untuk menjaga nama baik perusahaan. Customer service yang memiliki komunikasi buruk biasanya akan membuat perusahaan mereka memilikinilai yang jelek.

Meski cocok untuk orang yang ekstrovert, bukan berarti kepribadian introvert tidak bisa melakukan keempat pekerjaan di atas. Semua itu bergantung dari rasa percaya diri kalian. Apapun kepribadian kalian, jika merasa mampu maka lakukanlah tanpa ragu.(mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar