Iklan Banner Sukun
Ragam

Menyusuri Sejarah Perkembangan Musik di Indonesia

(Foto: Artem Beliaikin, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelum Masuknya Hindu-Budha ke Indonesia, musik merupakan sebuah bagian dari kegiatan ritual masyarakat. Bunyi-bunyian yang dihasilkan pada waktu itu umumnya berasal dari gerakan atau hentakan anggota tubuh, serta iringan alat musik yang dibuat dari alam. Namun, setelah masuknya Hindu-Budha dunia musik di Indonesia pun turut berkembang.

Musik tidak hanya digunakan dalam kegiatan ritual saja tetapi, digunakan juga sebagai kegiatan keistanaan. Pada masa ini, muncul alat musik tradisional daerah yang terus berkembang hingga zaman modern, salah satunya adalah gamelan.

Beralih lagi pada masa setelah agama Islam menyebar di Indonesia. Setelah masuknya Islam ke Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Arab, terjadi penetrasi kebudayaan yang diadaptasi oleh masyarakat Indonesia.

Alat musik yang masuk pada masa itu salah satunya alat musik rebana dan gambus. Kedua alat musik itu masih dipertahankan oleh masyarakat hingga saat ini. Kemudian, pada masa kolonialisme yang ditandainya dengan maraknya bangsa barat di Indonesia pun berpengaruh pada musik di tanah air.

Masuknya bangsa Barat ke Indonesia saat masa penjajahan membawa pengaruh dalam perkembangan musik dalam bentuk gaya dan alat musik. Para pendatang dari Barat itu memperkenalkan alat musik yang berasal dari negara mereka, seperti gitar, ukulele, dan biola.

Pada masa modern perpaduan antara musik Indonesia dan musik yang dibawa dari luar negeri melahirkan banyak aliran baru, seperti jazz, blues, dan rock. Faktor yang melatarbelakangi perpaduan musik ini adalah kolaborasi antar musisi, ajang musik internasional, dan pengaruh media.

Hingga saat ini sudah terjadi berbagai perkembangan musik di Indonesia. Hal ini juga diakibatkan masuknya teknologi pada alat musik, alat pemutar lagu, hingga jalur industri. Musik pun jadi industri yang semakin berkembang dan tumbuh besar di Indonesia. Bahkan, perusahaan rekaman di Indonesia semakin bersaing juga memperlihatkan siapa yang terbaik dalam menghasilkan karya maupun talenta berbakat Indonesia.

Mengenang sejarah perkembangan musik di Indonesia, tentu mengingatkan pada serangkaian konser di Indonesia. Setelah menurunnya angka persebaran covid-19 di Indonesia, beberapa waktu mendatang pentas konser musik dicanangkan mulai bisa dihelat kembali. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar