Iklan Banner Sukun
Ragam

Menyesuaikan Sikap Dengan Mengenali Tipe Kepribadian Manusia

(Foto: Olya Prutskova, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap orang memiliki cara berbeda dalam berkomunikasi. Begitu juga dalam menerima bagaimana orang lain berlaku pada kita. Sebab, setiap orang memiliki kebiasaan dan kepribadian yang berbeda.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali tipe-tipe kepribadian orang lain, juga diri sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara detail kekurangan maupun kelebihan seseorang sehingga akan lebih mudah bertindak secara tepat di segala situasi. Mempelajari tipe kepribadian juga dapat membantu memahami lawan bicara. Jadi, bisa lebih mengkondisikan sikap dan perilaku yang sesuai.

Hippocrates yang merupakan seorang dokter di era Yunani kuno membagi tipe kepribadian dasar manusia menjadi empat jenis, yakni koleris, sanguinis, melankolis, dan plegmatis. Berikut ini penjelasan masing-masing tipe tersebut.

Koleris

Koleris merupakan tipe orang yang berkepribadian kuat. Biasanya orang dengan tipe ini cocok menjadi sosok pemimpin karena sangat tegas dalam menentukan keputusan, penuh semangat, tidak mudah menyerah, dan suka mengatur. Hal ini juga didukung dengan kegemarannya yang suka berpetualang dan mencoba tantangan-tantangan baru. Jiwa kepemimpinan Koleris memang sudah terlihat secara alami. Tidak heran jika tipe ini lebih dikenal sebagai sosok yang ambisius, kompetitif, dan fokus pada pencapaian tertinggi.

Sanguinis

Satu hal yang identik dengan sanguinis ialah popular. Biasanya tipe orang seperti ini suka menjadi bahan perhatian oleh orang lain. Rasa percaya dirinya yang tinggi sekaligus selalu ingin disenangi banyak orang salah satu harapannya agar terlihat popular. Biasanya ia lebih sering menggunakan waktunya untuk berkumpul dan melakukan aktivitas di situasi yang ramai. Namun, meski tampak menyenangkan, hidup sanguinis menjadi tidak teratur.

Melankolis

Kepribadian melankolis biasanya lebih pada perfeksionis dengan bersikap teratur dan terencana dengan baik. Tipe ini mampu mempertimbangkan sesuatu dengan melihat hal-hal secara detail. Tak ayal jika ia dikenal sebagai sosok yang pandai. Karena mengejar kesempurnaan, melankolis selalu ingin tahu dan mencari jawaban hingga mendalam. Namun, tipe ini biasanya juga tidak mau kalah, suka mengontrol orang lain, serta nada bicaranya cukup dingin.

Plegmatis

Tipe kepribadian plegmatis biasanya lebih damai dari tipe-tipe lainnya. Meski cenderung pendiam dan suka mengalah, kepribadian ini memiliki rasa toleransi yang cukup tinggi. Karena mereka tidak menyukai sesuai yang menimbulkan konflik. Andaikan ada permasalahan, sosok plegmatis akan mencari solusi yang mendamaikan. Namun, terkadang tipe ini dianggap pasif dan tidak tegas. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar