Iklan Banner Sukun
Ragam

Menyeramkan, Jangan Sering Duduk Terlalu Lama Jika Tak Ingin Meninggal Lebih Cepat

Ilustrasi oranya yang sering duduk terlalu lama, dapat menyebabkan depresi dan menimbulkan penyakit lain. (Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Tau nggak sih jika duduk terlalu lama itu bisa berbahaya, coba hitung, berapa sering Anda duduk dalam sehari? Mulai dari bekerja, belajar, berkendara hingga bersantai di rumah. Hampir 24 jam bukan?

Waspada, jika Anda sering duduk terlalu lama dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Ditambah jika pola makan Anda tidak sehat dan kurangnya olahraga bisa-bisa mudah terkena gangguan kesehatan.

Perilaku atau kebiasaan tersebut dapat dikatakan dengan sedentary lifestyle. Sedentary lifestyle adalah kondisi di mana seseorang kebanyakan duduk dan malas bergerak. Kebiasaan ini dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit di kemudian hari.


Apa saja risiko atau bahaya penyakit duduk terlalu lama berikut informasinya.

1. Berpotensi Terkena Diabetes dan Penyakit Jantung

Hati-hati, jika Anda memiliki perilaku malas gerak secara terus – menerus, sering dihubungkan dengan lebih dari 30 penyakit dan kondisi kronis. Malas gerak diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena diabetes sebanyak 112 persen dan 147 persen peningkatan risiko penyakit jantung.

2. Risiko Kematian Dini

Selain itu fakta mengerikan lainnya, adalah orang yang tidak banyak bergerak memiliki risiko kematian dini sekitar 22 hingga 49 persen lebih besar.

Data yang mengamati lebih dari 1 juta orang menunjukkan bahwa semakin banyak Anda duduk, semakin besar kemungkinan Anda meninggal lebih awal.

Meskipun sebagian besar bukti mendukung temuan ini, hanya ada sebuah studi yang tidak menemukan hubungan antara waktu duduk dan kematian secara keseluruhan.

3. Deep Vein Thrombosis

Tak hanya itu, terlalu banyak duduk akan terkena DVT, yakni gumpalan yang terbentuk di kaki dan sering disebabkan karena seseorang duduk diam terlalu lama. DVT bisa berubah menjadi kondisi serius apabila gumpalan tersebut pecah dan bersarang di paru-paru Anda.

Gejala DVT awal sering ditandai dengan kondisi bengkak dan nyeri. Akan tetapi, ada juga orang yang tidak merasakan gejala apa pun saat mengalami DVT.

4. Sering Merasa Cemas dan Terkena Gangguan Depresi

Terlalu banyak duduk dengan bermain game atau handpone, juga dapat menyebabkan gangguan depresi dan kecemasan. Kondisi ini dapat terjadi, lantaran Anda menarik diri dari lingkungan luar dan teman terdekat. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev