Iklan Banner Sukun
Ragam

Menjaga Berat Badan Hingga Meningkatkan Kesejahteraan, Ini Beberapa Manfaat Latihan Fisik Teratur

(Sumber foto: i yunmai, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Massa otot seseorang biasanya akan berkurang seiring pertambahan usia. Selepas usia 30 tahun, umumnya massa otot seseorang akan berkurang sampai 3-5 persen per 10 tahun.

Hilangnya massa otot ini pada akhirnya membuat tubuh jadi makin lemah, sulit bergerak, dan rentan jatuh. Apalagi jika massa tulang juga menurun, maka tubuh juga semakin rentan.

Kekuatan dan daya tahan otot merupakan dua bagian penting dari kemampuan tubuh untuk bergerak, mengangkat barang, dan melakukan aktivitas harian. Kekuatan otot adalah jumlah kekuatan yang dapat dikeluarkan atau jumlah beban yang dapat diangkat seseorang.

Daya tahan otot merupakan kemampuan seseorang untuk memindahkan beban tanpa merasa lelah. Oleh sebab itu, penting untuk tetap aktif sejak muda hingga lanjut usia agar bisa mempertahankan massa otot. Berikut ini beberapa manfaat dari

yang teratur.

Membantu menjaga berat badan normal

Berat badan yang normal akan membuat tubuh jadi stabil. Sehingga keseimbangan dan koordinasi tulang maupun sendi jadi lebih kuat. Dengan berat badan yang normal akan menurunkan risiko terjatuh.

Meningkatkan kolesterol baik (HDL)

Latihan fisik yang teratur mampu mengangkat keseimbangan glukosa darah dan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin. Sehingga kolesterol baik meningkat, yang berarti berarti menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah seseorang tidak bisa terlalu tinggi, maupun terlalu rendah. Tekanan darah tinggi beresiko pada stroke, sedangkan tekanan darah yang rendah bisa menyebabkan hipotensi. Tekanan darah seimbang akan meningkatkan fungsi jantung dan aliran darah.

Meningkatkan kesejahteraan psikologis

Latihan fisik yang teratur tidak hanya berdampak pada fisik, namun juga bermanfaat baik pada mental. Latihan fisik yang teratur membuat seseorang lebih sedikit alami stres, kecemasan, ataupun depresi.

Membantu mencegah, mengurangi, atau membalikkan efek banyak penyakit kronis

Dilansir dari healty.com beberapa penyakit kronis seperti kardiovaskular, diabetes, kanker, hipertensi, obesitas, depresi, dan osteoporosis bisa dikurangi dengan latihan fisik teratur. Bahkan pada beberapa kasus, latihan fisik bisa menyembuhkan penyakit kronis.

Itulah beberapa manfaat baik dari latihan fisik yang teratur. Jaga sehatmu sebelum sakitmu. Latihan fisik tidak hanya untuk membentuk badan jadi kekar, namun latihan fisik juga punya banyak manfaat baik. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar