Iklan Banner Sukun
Ragam

Mengulas Sejarah Letusan Gunung Salak, Hingga Kisah Mistis yang Sering Menghantui Masyarakat

Kemegahan Gunung Salak yang diselimuti kabut pagi hari. (Sumber foto: Instagram @ajifirman.25_)

Surabaya (beritajatim.com) – Meskipun menyimpan kisah mistis yang menyeramkan, namun salah satu gunung yang terletak di selatan Jakarta ini menjadi destinasi pendakian yang diminati banyak masyarakat.

Selain itu, walaupun status gunung salak merupakan gunung berapi, namun tak menyiutkan hati masyarakat untuk menikmati keindahan alamnya.

Salah satu gunung yang terletak di Jawa Barat ini terkenal dengan medannya yang cukup menantang, terlebih lagi banyaknya kisah misteri yang menyelimuti gunung namun tak membuat para pendaki takut untuk melakukan perjalanan menuju puncak Salak.


Berikut beberapa sejarah letusan Gunung Salak dengan segudang misteri yang bakal membuat bulu kuduk Anda berdiri.

1. 5 Januari 1699
Pertama kalinya gunung yang berada di perbatasan Bogor dan Sukabumi ini meletus pada 5 Januari 1699, erupsi tersebut diketahui berasal dari Gunung Salak II. Akibat erupsi tersebut hutan di kawasan sekitar rusak.

2. Tahun 1761
Pada tahun 1761, gunung tersebut kembali erupsi dan bersumber dari Kawah Ratu.

3. Tahun 1780
Pada tahun 1780, Gunung yang memiliki air terjun indah ini mengalami dua kali erupsi, yakni erupsi samping dan erupsi normal di Kawah Ratu.

4. Tahun 1902 – 1903 dan 1919
Status Gunung salak pada tahun 1902 hingga 1903 dan tahun 1919, mengalami erupsi freatik.

5. Tahun 1938
Gunung yang memiliki tinggi 2180 mdpl ini terjadi erupsi freatik di Kawah Dikuluwang Putri.

Lalu kisah mistis seperti apa sih yang tersebar dari mulut ke mulut dan terkenal di kalangan pendaki maupun masyarakat, meskipun cerita ini banyak dipercayai oleh warga setempat maupun para pendaki.

Namun tidak sedikit juga orang yang tidak mempercayai keberadaan kisah mistis tersebut.

1. Bersemayamnya Para Sesepuh dan Jawara di Gunung Sanggul
Gunung sanggul terletak di atas Kawah Ratu, konong gunung ini merupakan tempat bersemayamnya para sesepuh dan jawara yang memiliki ilmu tingkat tinggi. Ada yang menyebutkan jika benda apapun yang melintasi area ini, akan terjatuh dan mati.

2. Kawah Ratu
Tempat mistis berikutnya adalah tempat erjadinya aktivitas geologi panas bumi. Meskipun memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung, namun tidak sedikit wisatawan yang meninggal di kawasan ini lantaran menghirup racun belerang.

Penduduk setempat mempercayai, jika korban yang meninggal dikawasan tersebut masih bergentayangan. Ada sosok penunggu daerah ini yakni jin yang menyerupai bidadari.

3. Curug Seribu
Siapa sangka jika Gunung Salak memiliki destinasi wisata air terjun curug seribu. Namun di balik keindahan air terjun ini menimpan kisah seram. Seperti banyak pengunjung yang sering kesurupan, tenggelam saat berenang atau mandi, hingga suara-suara menyeramkan lain yang akan mengiringi ketika pengunjung pulang.

Itulah tadi beberapa sejarah tentang status gunung salak yang sewaktu-waktu bisa meletus kapan saja, bagi Anda yang ingin mendaki gunung ini patuhi aturan dan adat istiadat yang berlaku, agar tidak mengalami risiko yang tidak diinginkan. (frs/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar