Ragam

Menghilangnya Jejak Vicky Zhao, Sang Aktris Populer China

Instagram,@vicky_zhaowei

Surabaya (beritajatim.com) – Bintang kenamaan, Zhao Wei atau lebih dikenal dengan Vicky Zhao, secara tiba-tiba manghilang dari dunia maya. Bahkan jejaknya tidak bisa ditemukan dimanapun. Vicky Zhao sendiri adalah salah satu aktris dan penyanyi yang sang populer di China. Para penggemar, sudah tidak bisa lagi mengakses tayang tv, film, atau serial perempuan cantik ini di layanan streaming online manapun lainnya. Bahkan, namanya sudah disensor dan dihapus oleh Pemerintah China, baik di situs pencarian internet negara tersebut, atau di daftar kredit film-filmnya.

Perintah penghilangan jejak ini, merupakan perintah langsung dari National Radio Television Administration (NRTA), sebuah regular hiburan yang dikelola pemerintah Tiongkok. Meskipun begitu, belum ada kejelasan alasan di balik penghapusan ini.

Desas desus mengatakan, ini terjadi karena sejarah transaksi bisnis wanita 45 tahun ini yang memiliki hubungan dengan Alibaba. Vicky Zhao dan pasangannya, seorang investor asal Singapura, Huang Youlong, yang pada tahun 2014 membeli saham perusahaan produksi Alibaba Pictures yang senilai USD 400 juta. Sementara itu pada 2017, NRTA memberi larangan perdagangan saham selama lima tahun.

Tak hanya itu, Zhao pun memiliki daftar skandal lainnya, ia merupakan investor yang banyak digugat secara hukum. Tahun 2001 Zhao sempat mendapat kecaman akibat pakaian yang digunakannya memunculkan bendera Jepang. Di lain sisi, salah satu aktris dengan bayaran tertinggi ini memiliki agensi yang mewadahi beberapa aktor China. Akhir-akhir ini aktor naungan agensi itu, Zheng Zhehan, melakukan selfie di pemakaman tentara Jepang. Hal itu tentu saja memicu kontroversi, warga China pun beranggapan tak hanya Zhao saja, namun anak didik agensinya pun menjadi problematik.

Dugaan lain mengatakan pemerintahan Negeri Tirai Bambu ini mulai tidak menyukai pemujaan berlebihan kepada selebriti. Mereka pun melakukan razia industry hiburan dan budaya terkait pemujaan pada ketenaran selebriti di media sosial karena dianggap tidak sesuai dengan karakter Cina. Oleh sebab itu pula, sejak tahun 2018, China sudah mencekal beberapa selebriti yang dirasa berperilaku tidak pantas.

Kabar burung mengatakan bahwa Zhao dan suaminya sempat melarikan diri ke Prancis, namun dibantah dengan unggahan Zhao di akun instagramnya yang menunjukkan bahwa ia masih berada di Cina.

Vicky Zhao sendiri mulai tenar pada tahun 90-an dengan serialnya My Fair Princess. Setelah serial itu melejit, nama Zhao pun ikut melambung tinggi. Ia semakin sukses di industry perfilman dan menekuni dunia bisnis. Lebih lagi, penggemar Zhao tidak hanya dari Cina saja namun juga mancanegara. Termasuk di Indonesia, setelah serialnya yang berjudul Puteri Huan Zhu tayang pada tahun 90-an. [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar