Ragam

Mengenang Perkembangan Radio dari Masa Ke Masa

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi kalian yang masih merasakan masa kejayaan Radio, pasti masih ingat jika dulu untuk update berita, atau mendengarkan musik bersumber dari radio. Apalagi saat gawai belum canggih, headset itu sampai harus digantung dahulu agar saluran radio dari bisa jernih. Terkadang kalian juga harus bersabar untuk menunggu iklan lewat yang setiap hari jarang berganti.

Namun, sekarang kalian cukup buka internet untuk akses apapun termasuk radio daring. Ternyata dari masa ke masa, radio telah mengalami revolusi dari awal pembuatannya. Berikut ini radio dari masa ke masa.

Radio Marconi

Radio Marconi diproduksi pada tahun 1895 oleh perusahaan kepunyaan Guglielmo Marconi. Radio cukup berat, jadi susah untuk dibawa kemana-mana. Radio ini hanya bisa menjangkau sinyal dalam radius 1,5 km.

National’s Plywood Radio

Radio ini punya satu speaker, tabulasi frekuensi, dan antena yang bisa diatur panjang pendeknya sesuai keinginan. Radio ini menggunakan empat buah baterai dan hanya mampu menangkap gelombang SW dan MW.

Radio Zaman Perang Dunia I

Pada zaman perang dunia I, radio ini termasuk sangat mahal. Sehingga hanya orang tertentu saja yang bisa mendengarkan. Radio zaman Perang Dunia I ini juga udah bisa menyiarkan radio dan opera.

Radio Cassette

Radio ini dipakai untuk menerima frekuensi AM. Soalnya dahulu kala, listrik sudah ada dan kebanyakan udah pake AC dan DC. Jadi, bisa langsung ditancapkan ke kabel pada stop kontak.

Radio Zaman Perang Dunia II

Radio ini diproduksi oleh seseorang bernama Philips. Radio zaman perang dunia II punya berat 18 kg, panjang 60 cm, dan tinggi 55 cm. Di zaman sekarang, radio ini dijual dengan harga 1.5 juta meskipun dalam keadaan rusak karena diminati sebagai barang antik.

Radio Mini

Radio ini hits masih cukup hist, terutama pada kurun waktu milenium awal. Ukurannya yang kecil sehingga radio ini bisa dipakai dengan 2 baterai ukuran A2 dan mampu menerima siaran dalam frekuensi AM, FM, SW, dan MW.

Radio Zaman Internet

Radio ini dapat diakses melalui internet, atau biasa disebut radio daring. Maksudnya, radio ini disiarkan melalui streaming online di internet. Jadi, radio ini bisa didengarkan oleh siapapun, dimanapun, dan tidak terbatas pada siaran apapun. Syaratnya cukup tersambung dengan paket data atau akses internet lain.

Di masa sekarang, adakah dari kalian yang masih setia mendengarkan radio klasik? Pasti sudah jarang bukan, radio hanya jadi barang antik atau pajangan belaka. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar