Iklan Banner Sukun
Ragam

Mengenali Ragam Kelainan Sinusitis, Dan Cara Mengatasinya

(Foto: Diana Polekhina, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sinusitis terjadi akibat adanya peradangan pada jaringan sinus. Jaringan tersebut merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara dalam tulang tengkorak. Pada umumnya jaringan yang sehat berisi udara, namun yang mengalami peradangan terisi oleh cairan.

Sinus yang bersifat akut dan kronis ini membuat rongga hidung tersumbat, sehingga membuat penderitanya mengalami sulit bernafas, bersin, hingga volume cairan pada hidung yang terus bertambah.

Penyebabnya situs pun cukup beragam, namun ada penyabab tertentu yang membuat seseorang mengalaminya, seperti flu biasa, alergi, hingga adanya pergeseran dalam rongga hidung. Sinusitis juga memiliki beberapa tipe, salah satunya ialah sinusitis akut.

Dalam tipe ini biasanya dimulai dengan gejala pilek, hidung tersumbat, hingga sakit kepala secara tiba-tiba dan berlangsung selama 3-4 minggu. Sedangkan peradangannya sendiri bisa berlangsung mulai dari 4-12 minggu.

Berbeda dengan sinusitis kronis yang bisa berlangsung lebih dari 12 minggu. Ada juga tipe sinusitis berulang yang terjadi beberapa kali dalam setahun. Mungkin dalam kasus infeksi sinus biasa, dokter akan menyarankan untuk memberikan cairan pembersih hidung yang mengandung dekongestan dan garam khusus.

Udara hangat dan lembab juga dapat mengurangi gejala sinusitis kronis, biasanya dilakukan dengan cara menghirup uap air hangat atau yang tidak terlalu panas. Sedangkan untuk mencegahnya, tidak ada cara pasti yang bisa dilakukan. Namun, berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu.

Pertama, hal yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi atau bahkan berhenti merokok. Bisa juga dengan menghindari asap rokok atau orang yang sedang merokok. Kedua, sering-sering untuk mencuci tangan, terutama ketika musim dingin dan flu. Serta hindari dengan menyentuh wajah. Ketiga, jauhi segala hal yang dapat membuat menimbulkan alergi.

Dalam beberapa kasus sinusitis yang tidak diobati dapat menyebabkan meningitis hingga infeksi tulang. Untuk pengobatan yang tepat tentu perlu mengkonsultasikannya pada dokter. Namun, hal lain mungkin bisa menjadi alternatif dalam mengatasi sinusitis yakni pijat wajah.

Pijat sinus merupakan salah satu dari sekian banyak pengobatan sinusitis. Hal ini setidaknya dapat membantu meringankan tekanan pada sinus. Para ahli menyebutkan bahwa pijatan halus dapat meningkatkan sirkulasi darah di hidung. Namun, pastikan pijatan tersebut sesuai dan tidak dilakukan sembarangan. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar