Iklan Banner Sukun
Ragam

Mengenal Mutiara Selatan, Kereta yang Mulai Beroperasi Saat HUT RI

Kereta Api Mutiara Selatan yang merupakan kereta penumpang rute Surabaya sampai Bandung. (Instagram @ahmad_wildani13)

Surabaya (beritajatim.com) – Kereta Api Mutiara Selatan merupakan kereta penumpang yang melayani rute Surabaya Gubeng – Bandung. Kereta yang berada di Daerah Operasi II Bandung ini memiliki waktu perjalanan lebih dari 12 jam perjalanan. Kereta ini pertama kali beroperasi pada 17 Agustus 1972 dengan pelayanan campuran Kelas Eksekutif dan Bisnis bersama Kereta Turangga.

Namun pada 11 Oktober 1999 semua rangkaian Kereta Mutiara Selatan diubah menjadi Kelas Bisnis, dan akhirnya pada1 April 2019, Kereta Mutiara Selatan resmi menggunakan rangkaian kereta Kelas Eksekutif dan Ekonomi Premium berbahan stainless yang berlaku hingga saat ini.

Kereta ini pernah memiliki waktu perjalanan terlama dalam sejarah PT KAI, yaitu lebih dari 20 jam perjalanan. Karena durasi perjalanan yang lama, Kereta Mutiara Selatan sering disebut sebagai “Kereta Api Lintas Dimensi”. Tapi, sejak tanggal 1 Desember 2019, rute kereta api Mutiara Selatan sempat diperpanjang hingga Stasiun Gambir.


Namun, rute kereta api ini kemudian dikembalikan lagi seperti semula pada 1 September 2020 karena tingkat keterisian penumpang di lintas Bandung–Jakarta dan Surabaya–Malang menurun akibat pandemi Covid-19.

Kereta Api Mutiara Selatan memiliki dua layanan untuk kereta penumpang yaitu Kelas Ekonomi Premium dan Kelas Eksekutif. Rangkaian kereta Mutiara Selatan terdiri dari 1 Lok CC206 (CPN/SDT/BD), 1 Pembangkit (P SDT), 4 Eksekutif (K1 2019 SDT), 1 Restorasi (M1 SDT), 2/3 Premium (K3 2019 SDT), dan 1 Bagasi (B SDT/BD), dengan situasi kondisional 1 Priority (K1 BD/JAKK) .

Uniknya, rangkaian kereta Mutiara Selatan kelas Priority hanya dipakai pada hari Jumat dan Minggu. Sehingga pada rangkaian kereta api Mutiara Selatan ini harus dikurangi 1 kereta ekonomi premium karena akan dibawa 1 kereta wisata priority di selama perjalanan.

Fasilitas kereta akan menjamin kenyamanan para penumpang selama perjalanan yang memakan waktu lebih dari 12 jam ini. Berikut informasi tentang fasilitas yang terdapat di Kereta Api Mutiara Selatan.

Kelas Ekonomi Premium Kereta Api Mutiara Selatan

Sebagai Kereta Api Ekonomi Premium, kereta api Mutiara Selatan menyediakan sejumlah fasilitas yang cukup nyaman untuk penumpangnya. Setiap kereta dilengkapi dengan AC sentral dan toilet untuk penumpang di setiap kereta.

Terdapat 80 tempat duduk di kereta yang disusun secara 2-2 yang sudah dilengkapi dengan fitur reclining seat dengan sistem separuh menghadap arah laju kereta dan separuh menghadap arah mundur/berlawanan dengan arah laju kereta.

Fasilitas dalam Kelas Ekonomi Premium ini tidak kalah dengan Kelas Eksekutif. Hal ini dapat dilihat dari pintu ruangan yang sudah menggunakan sistem geser manual dengan mekanisme menutup sendiri. Bagasi juga tersedia di bagian atas kursi penumpang, mirip seperti bagasi kabin di pesawat.

Kelas Eksekutif Kereta Api Mutiara Selatan

Kereta penumpang Kelas Eksekutif Mutiara Selatan memiliki sekitar 50 tempat duduk yang disusun 2-2 atau AB-CD. Masing-masing kursi ini memiliki fungsi reclining seat dan rotary seat lengkap dengan sandaran kaki. Selain itu terdapat stop kontak di setiap kursi, audio jack 3.5 mm, lampu baca, meja kecil, bantal, dan selimut.

Kereta ini juga menyediakan fasilitas standar, seperti kaca pesawat dengan tirai, lapisan laminasi isolator panas, toilet, alat pemadam api ringan, rem darurat, AC, peredam suara, stop kontak, tempat air, rak bagasi dan lain-lain. Dengan fasilitas yang lengkap, kamu akan puas beristirahat atau beraktivitas selama perjalanan.

Rute dan Harga Tiket Kereta Mutiara Selatan

Kereta Api Mutiara Selatan melayani rute perjalanan Pulang Pergi (PP) untuk Surabaya Gubeng (SGU) – Bandung (BD). Berikut adalah informasi perjalanan dari rute Bandung (BD) – Surabaya Gubeng (SGU) dan Surabaya Gubeng (SGU) – Bandung (BD) untuk Kereta Api Mutiara Selatan sesuai Gapeka 2021:

Surabaya – Bandung kelas ekonomi premium 325.000 dan eksekutif 445.000.

High Session Surabaya – Bandung PP kelas ekonomi premium 475.000 dan eksekutif 570.000

Yogyakarta – Bandung reguler session kelas ekonomi premium 255.000 dan eksekutif 350.000.

Peak session Yogyakarta – Bandung kelas ekonomi premium 375.000 dan eksekutif 450.000.

Itu tadi mengenai kereta Mutiara Selatan yang mulai beroperasinya berbarengan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.
(dae/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar