Ragam

Mengenal Kebijakan Korea Utara yang Sering Dianggap Aneh

(Foto: Andrea De Santis, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Beberapa waktu ini, sempat tersiar kabar 8 pemuda asal Musan, Provinsi Hamgyong, Korea Utara diadili akibat menirukan karakter dari film atau acara TV Korea Selatan. Mereka juga ketahuan menonton film ‘The Spy Gone North’ dan drama ‘Crash Landing On You’ dari Korea Selatan. Tak hanya itu mereka juga menceritakan drama dan film tersebut kepada orang lain. Akibatnya, mereka harus ditangkap dan menjalani pengadilan terbuka.

Di Korea Utara, hal ini bukanlah sesuatu yang aneh. Sementara orang lain akan tercengang dan merasa kasian akibat aturan-aturan yang dirasa tidak masuk akal. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong-Un itu memang sudah terkenal karena dirasa menutup diri dari perkembangan globalisasi dan akses informasi.

Dengan penduduk yang berjumlah 25 juta orang itu, Korea Selatan menerapkan beberapa aturan ketat dengan hukuman yang tidak main-main bagi pelanggarnya. Beberapa aturan itu akan kami bahas di bawah ini.

1. Dilarang mengikuti fashion barat

Korea Utara melarang keras penduduknya untuk mengenakan pakaian modis ala barat. Bahkan tidak diperbolehkan menggunakan celana jeans.Selain pakaian, potongan rambut pun telah diatur oleh pemerintahan, hanya tersedia 18 model rambut untuk perempuan, dan 15 model rambut untuk laki-laki. Pernah ada yang melaporkan tiga pemuda ditangkap karena mengikuti gaya potongan rambut ala idol K-Pop dan menggulung celana mereka hingga di atas mata kaki.

2. Aturan beragama

Aturan aneh lainnya adalah dalam hal keyakinan. Meski Korea Utara secara resmi membebaskan penduduknya untuk memilih agama, namun fakta lapangan mengatakan sebaliknya. Mempraktikkan kegiatan keagaaman atau hanya memiliki perangkat keagaaman, bahkan Kitab sekalipun bisa membuat seseorang dijebloskan ke kamp kerja paksa.

3. Akses informasi terbatas

Jangankan akses internet, akses TV saja telah diatur oleh pemerintah. Warga Korea Utara hanya diperbolehkan menonton 3 stasiun TV yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Siapapun yang ketahuan menonton siaran asing maka hukuman berat sudah menanti. Oleh karena itulah penduduk Korea Utara tak banyak mengetahui apa yang terjadi di dunia luar.

4. Tak ada junk food

Karena anti dengan budaya barat, tidak hanya gaya berpakaian, Korea Utara juga melarang adanya makanan yang berbau kebarat-baratan. Tidak akan ditemukan restoran McDonald’s, bahkan minuman CocaCola. Ini juga disebabkan karena tidak adanya hubungan dagang dengan pemerintah AS. Kios jajanan jalanan menjadi andalan di sana.

5. Sulit berlibur

Penduduk Korea Utara pun sangat sulit untuk melakukan perjalanan internasional, apalagi hanya untuk sekedar berlibur di luar negeri. Pemerintah telah membatasi perjalanan warganya dan melakukan penjagaan ketat di setiap perbatasan.

Hal-hal di atas adalah sebagian kecil dari banyaknya aturan yang aneh. Apabila berlibur ke sana, jangan harap bisa berjalan-jalan sendiri menikmati pemandangan, karena turis asing akan selalu diawasi dan dikawal kemanapun perginya. Bahkan, turis asing juga tidak diperbolehkan mengambil foto apalagi video tanpa izin.(mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar